3 Pencetak Gol San Marino di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Buat Rekor!

San Marino membuat kemajuan

San Marino adalah negara Eropa yang amat minim prestasi di dunia sepak bola. Wajar saja, mereka merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Tak ada liga sepak bola profesional di sana. Bahkan, sebagian besar pesepak bola asal San Marino hanya berstatus amatir.

Meski demikian, Timnas San Marino ternyata sukses menarik perhatian di Kualifikasi Piala Eropa 2024. Tergabung di Grup H, mereka memang selalu kalah dalam sepuluh laga yang mereka lakoni. Namun, mereka berhasil membuat rekor baru dengan mencetak total tiga gol.

Meski sedikit, tiga gol itu menandai torehan sejarah bagi Timnas San Marino. Untuk pertama kali, mereka membuat tiga gol dalam satu edisi Kualifikasi Piala Eropa. Inilah tiga pemain San Marino yang menjadi pencetak gol di Kualifikasi Piala Eropa 2024.

1. Alessandro Golinucci mencetak gol internasional pertamanya ke gawang Denmark

3 Pencetak Gol San Marino di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Buat Rekor!Alessandro Golinucci (nomor 17) merayakan gol ke gawang Denmark. (fsgc.sm)

Sesuai dugaan, Timnas San Marino memang kesulitan meraih hasil di Kualifikasi Piala Eropa 2024. Dalam 7 pertandingan awal, San Marino selalu kalah tanpa menorehkan 1 gol pun. Barulah pada laga kedelapan kontra Denmark, San Marino mencetak gol melalui Alessandro Golinucci.

Aksi Golinucci sempat membuat San Marino menyamakan kedudukan setelah ketinggalan lebih dahulu. Namun, mereka tak mampu mempertahankan skor. San Marino kebobolan lagi oleh Denmark hingga akhirnya menyerah 1-2. Meski kalah, San Marino tetap dipuji karena sempat menyulitkan Denmark.

Bagi Golinucci sendiri, gol ke gawang Denmark adalah gol internasional pertamanya. Gelandang 29 tahun itu akhirnya membuat gol perdana bagi timnas sejak debut pada 2015. Sejauh ini, statistik Golinucci bersama Timnas San Marino adalah 50 caps dengan 1 gol.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Kualifikasi Euro, Ada Lukaku!

2. Simone Franciosi sempat memperkecil ketertinggalan San Marino dari Kazakhstan

3 Pencetak Gol San Marino di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Buat Rekor!Simone Franciosi (nomor 5) merayakan gol ke gawang Kazakhstan (instagram.com/fsgc_official)

Pada laga kesembilan Kualifikasi Piala Eropa 2024, San Marino kembali sukses mencetak gol. Kali itu, lawan yang mereka hadapi adalah Kazakhstan. Bermain di markas Kazakhstan, San Marino kebobolan dua gol lebih dahulu melalui brace Islam Chesnokov.

Kazakhstan terus berusaha menambah gol. Namun, San Marino justru sukses memperkecil ketinggalan. Simone Franciosi mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan kemelut di depan gawang Kazakhstan. Meski masih tertinggal, para pemain San Marino menyambut gol itu dengan penuh sukacita.

Franciosi sendiri adalah bek kanan San Marino yang baru berusia 22 tahun. Golnya ke gawang Kazakhstan menjadi yang pertama baginya setelah melakoni sembilan caps. Sayangnya, San Marino kemudian kebobolan lagi oleh Kazakhstan hingga akhirnya kalah 1-3.

3. Filippo Berardi jadi pemasti rekor San Marino pada laga terakhir kualifikasi

3 Pencetak Gol San Marino di Kualifikasi Piala Eropa 2024, Buat Rekor!Filippo Berardi mengeksekusi penalti ke gawang Finlandia. (instagram.com/fsgc_official)

San Marino memastikan rekor pada laga terakhir Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2024. Menjamu Finlandia, mereka sempat ketinggalan 0-2 gara-gara aksi Pyry Soiri. Skor tersebut terus bertahan hingga injury time babak kedua. Namun, sebuah drama kemudian terjadi.

Berawal dari serangan balik, San Marino mendapat hadiah penalti usai Filippo Berardi dijatuhkan di kotak terlarang. Berardi sendiri yang maju dan menunaikan tugas sebagai eksekutor dengan baik. Lagi-lagi, gol itu dapat sambutan luar biasa dari para pemain dan fans San Marino.

Berardi pun sukses mencetak gol keduanya di Kualifikasi Piala Eropa. Sebelumnya, ia sudah pernah membuat gol ke gawang Kazakhstan di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Kini, Berardi punya catatan 2 gol dalam 27 laga bersama timnas.

San Marino sukses mencetak tiga gol di Kualifikasi Piala Eropa 2024. Itu adalah sebuah kemajuan, bahkan menjadi rekor baru bagi mereka. Bukan mustahil San Marino bakal terus berkembang dan menjadi tim kuda hitam di kancah sepak bola Eropa.

Baca Juga: Mengintip Peluang Timnas Portugal Menjadi Juara Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya