4 Peraih Top Skor pada Musim Debut di Bundesliga, Kane Menyusul?

Mereka tak butuh waktu lama untuk beradaptasi

Harry Kane terus menunjukkan ketajaman di Bundesliga Jerman 2023/2024. Striker asal Inggris itu baru saja mencetak hattrick ke gawang Borussia Dortmund pada pekan ke-10. Kane pun melejit ke puncak daftar top skor sementara Bundesliga musim ini dengan 15 gol.

Padahal, 2023/2024 adalah musim debut Kane di Bundesliga. Baru 3 bulan lalu ia bergabung ke Bayern Munich dari Tottenham Hotspur. Namun, Kane terbukti tak butuh waktu lama untuk nyetel dengan atmosfer baru.

Kemungkinan besar, ketajaman Kane di Bundesliga bakal terus berlanjut. Ia bahkan berpeluang untuk langsung merebut gelar top skor Bundesliga pada musim perdananya. Jika berhasil, Kane bakal menyamai capaian empat pemain berikut ini.

1. Marcio Amoroso tajam pada musim pertama membela Borussia Dortmund

4 Peraih Top Skor pada Musim Debut di Bundesliga, Kane Menyusul?Marcio Amoroso (twitter.com/BVB)

Pertama, ada Marcio Amoroso, striker asal Brasil yang pernah membela Borussia Dortmund. Amoroso bergabung dengan Dortmund pada musim panas 2001. Ia langsung moncer dan mencetak 18 gol di Bundesliga 2001/2002. Amoroso pun menjadi top skor sekaligus membawa Dortmund juara Bundesliga.

Gelar top skor Bundesliga saat itu juga memastikan Amoroso pernah jadi pemain tertajam di tiga negara. Sebelum ke Eropa, Amoroso sempat menjadi top skor Liga Brasil musim 1994. Ia juga berstatus pemain tersubur di Serie A Italia 1998/1999 saat membela Udinese.

Sayangnya, ketajaman Amoroso bersama Dortmund hanya bertahan semusim. Pada dua musim berikutnya, ia sering dihantam cedera hingga tak bisa berbicara banyak. Amoroso meninggalkan Bundesliga pada 2004 dengan catatan 28 gol dalam 3 musim.

2. Marek Mintal jadi top skor saat baru promosi ke Bundesliga

4 Peraih Top Skor pada Musim Debut di Bundesliga, Kane Menyusul?Marek Mintal (twitter.com/1_fc_nuernberg)

Sementara, Marek Mintal pertama kali bermain di Bundesliga pada 2004/2005. Mintal sebenarnya sudah merumput di Jerman sejak 2003/2004 bersama FC Nuernberg. Namun, saat itu, Nuernberg masih bersaing di divisi kedua Liga Jerman atau biasa disebut Bundesliga 2.

Nuernberg sukses menjuarai Bundesliga 2 2003/2004 sekaligus promosi ke Bundesliga. Keberhasilan mereka tak lepas dari peran Mintal yang tajam di lini depan. Ia mencetak 18 gol sekaligus jadi top skor Bundesliga 2 musim tersebut.

Masuk ke Bundesliga 2004/2005, Mintal ternyata mampu melanjutkan ketajamannya. Striker asal Slovakia itu mencetak 24 gol dan merebut gelar top skor. Dengan demikian, Mintal sukses jadi top skor di dua divisi Liga Jerman secara beruntun.

Baca Juga: 3 Klub Bundesliga Pertama Korban Hattrick Harry Kane

3. Theofanis Gekas rebut gelar top skor Bundesliga sebagai pemain pinjaman

4 Peraih Top Skor pada Musim Debut di Bundesliga, Kane Menyusul?Theofanis Gekas (twitter.com/Bundesliga_EN)

Raihan Theofanis Gekas saat debut di Bundesliga 2006/2007 juga mengesankan. Gekas saat itu membela klub yang baru promosi, VfL Bochum. Statusnya pun hanya pemain pinjaman dari Panathinaikos. Namun, striker asal Yunani sukses mencuri perhatian dengan ketajamannya.

Gekas keluar sebagai top skor Bundesliga 2006/2007 dengan 20 gol. VfL Bochum pun dibawanya finis di peringkat delapan klasemen. Setelah itu, Gekas lanjut bermain di Jerman bersama tiga klub lain. Secara total, ia mencetak 55 gol dalam 133 penampilan di Bundesliga.

4. Luca Toni langsung gacor pada musim debut bersama Bayern Munich

4 Peraih Top Skor pada Musim Debut di Bundesliga, Kane Menyusul?Luca Toni (twitter.com/FCBayern)

Saat ini, sudah lama tak ada pemain yang menjadi top skor Bundesliga pada musim debutnya. Pemain terakhir yang sukses melakukannya adalah Luca Toni. Striker Italia itu mencetak 24 gol di Bundesliga 2007/2008. Ketika itu, Toni baru didatangkan Bayern Munich dari Fiorentina.

Ketajaman Toni pun turut membawa Bayern Munich juara Bundesliga dan DFB Pokal musim tersebut. Toni lanjut membela Bayern Munich, tetapi akhirnya hengkang pada 2010 karena berselisih dengan pelatih. Selama berseragam Die Roten, statistik Toni adalah 58 gol dalam 89 laga di semua ajang.

Empat pemain di atas langsung menjadi top skor pada musim perdana di Bundesliga Jerman. Dua di antaranya bahkan sukses membawa klubnya juara. Mampukah Harry Kane menorehkan prestasi serupa musim ini?

Baca Juga: 4 Pemain Mahal Bundesliga yang Belum Tampil Apik pada Awal 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya