Rapor 5 Pemain Belanda yang Tinggalkan Eredivisie pada Awal 2023/2024

Termasuk top skor Eredivisie musim lalu

Belanda adalah salah satu negara yang paling banyak menghasilkan pesepak bola kelas dunia. Umumnya, pemain asal Belanda tentu mengawali karier di negeri sendiri. Setelah itu, barulah mereka meninggalkan Eredivisie untuk bertualang ke liga yang lebih menantang.

Pada musim panas 2023, sejumlah pemain Belanda pun memilih hengkang dari Eredivisie. Kebanyakan masih berusia muda, tetapi ada pula yang sudah senior. Bagaimana kiprah mereka bersama klub barunya? Berikut rapor deretan pemain Belanda yang meninggalkan Eredivisie pada awal musim 2023/2024 ini.

1. Jurrien Timber cedera setelah lakoni dua laga bersama Arsenal

Rapor 5 Pemain Belanda yang Tinggalkan Eredivisie pada Awal 2023/2024Jurrien Timber memenangi Community Shield 2023 bersama Arsenal. (instagram.com/jurrientimber)

Pertama, ada Jurrien Timber, bek versatile jebolan akademi Ajax Amsterdam. Performa apik Timber bersama Ajax dalam 4 tahun terakhir menarik minat banyak klub. Arsenal jadi pihak yang beruntung bisa mendapatkannya. Ia digaet dengan harga 40 juta euro atau Rp656 miliar.

Timber tampaknya dipersiapkan jadi bek kiri andalan Arsenal. Ia tampil sebagai bek kiri dalam dua laga awal Arsenal pada 2023/2024, termasuk Community Shield 2023 yang sukses dimenangi The Gunners. Sayangnya, Timber kemudian cedera dan belum tampil lagi hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 12 Arsenal sebelum Jurrien Timber

2. Davy Klaassen hanya menjadi pelapis di Inter Milan

Rapor 5 Pemain Belanda yang Tinggalkan Eredivisie pada Awal 2023/2024Davy Klaassen (instagram.com/davyklaassen)

Ajax Amsterdam tak hanya kehilangan Timber yang masih berusia muda. Davy Klaassen yang merupakan gelandang senior juga memilih hengkang. Ia sebenarnya punya sisa kontrak setahun di Ajax. Namun, Ajax memutus kontrak Klaassen sebagai penghormatan demi memuluskan kepindahannya.

Klaassen pun bisa bergabung ke Inter Milan secara gratis. Pengalaman dan mental juara Klaassen adalah aset berharga bagi Nerazzurri. Namun, ia tampaknya hanya digaet Inter untuk jadi pelapis. Klaassen baru tampil tiga kali bagi Inter dengan total hanya 60 menit di atas lapangan.

3. Tijjani Reijnders bawa AC Milan puncaki klasemen Serie A

Rapor 5 Pemain Belanda yang Tinggalkan Eredivisie pada Awal 2023/2024Tijjani Reijnders (instagram.com/tijjanireijnders)

Tak kalah dari Inter Milan, AC Milan juga memboyong pemain anyar asal Belanda dari Eredivisie. Ia adalah Tijjani Reijnders, gelandang 25 tahun yang juga memiliki darah Indonesia. Reijnders didatangkan AC Milan dari AZ Alkmaar dengan harga 19 juta euro alias Rp312 miliar.

Reijnders mengawali musim 2023/2024 dengan apik. Ia selalu tampil bagi Milan dalam delapan pekan Serie A dan sudah membuat dua assist. Meski sempat kalah telak oleh Inter Milan, Rossoneri pun kini sukses memuncaki klasemen sementara Serie A.

4. Sam Beukema buat pertahanan Bologna jadi kokoh pada awal 2023/2024

Rapor 5 Pemain Belanda yang Tinggalkan Eredivisie pada Awal 2023/2024Sam Beukema (instagram.com/sambeukema)

Bersama Reijnders, Sam Beukema juga pindah dari AZ Alkmaar ke Serie A Italia. Beukema adalah bek tengah berusia 24 tahun. Ia mulai bersinar bersama Alkmaar pada musim 2022/2023. Beukema bahkan sempat jadi Eredivisie Player of the Month edisi Mei 2023.

Beukema pun menarik perhatian Bologna, yang memboyongnya dengan harga 9 juta euro atau Rp147 miliar. Harga itu membuat Beukema jadi bek termahal dalam sejarah Bologna. Tak heran jika Beukema langsung diplot jadi bek inti Bologna musim ini.

Hasilnya pun tak mengecewakan. Beukema selalu tampil di awal Serie A 2023/2024. Ia turut memperkokoh pertahanan Bologna. Mereka baru kebobolan 6 kali dalam 8 laga, bahkan sempat mencatat 4 clean sheet beruntun.

5. Xavi Simons dipulangkan PSG lalu dipinjamkan ke RB Leipzig

Rapor 5 Pemain Belanda yang Tinggalkan Eredivisie pada Awal 2023/2024Xavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Top skor Eredivisie 2022/2023 pun memilih hengkang pada musim panas 2023. Ia adalah Xavi Simons, winger 20 tahun asal Belanda yang musim lalu membela PSV Eindhoven. Bersama PSV, Simons mencetak 19 gol hingga menjadi pemain tersubur di Eredivisie 2022/2023.

Selain itu, Simons juga sukses membawa PSV juara Piala KNVB dan Piala Super Belanda. Padahal, Simons baru didatangkan PSV dari Paris Saint-Germain (PSG) pada musim panas 2022. Karena Simons tampil apik, PSG pun segera mengaktifkan klausul pembelian kembali yang terdapat dalam kontraknya.

Uniknya, setelah dipulangkan PSG, Simons segera dipinjamkan lagi ke RB Leipzig. Bersama Leipzig, Simons mengawali musim 2023/2024 dengan cukup baik. Ia sudah membuat 3 gol dan 4 assist dalam sebelas penampilan di semua ajang.

Sebagian besar dari pemain Belanda di atas mengawali musim 2023/2024 dengan cukup baik. Sejauh ini, keputusan mereka hengkang dari Eredivisie terbilang tepat. Mampukah mereka mempertahankan performa pada lanjutan musim ini?

Baca Juga: 5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya