5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda Guler

Mengalami nasib yang berbeda-beda

Real Madrid terbukti serius mempersiapkan skuad mereka untuk masa depan. Hal itu terlihat dari makin seringnya Los Blancos mendatangkan pemain muda bertalenta. Bahkan, beberapa dari mereka diboyong saat masih remaja alias berusia di bawah 20 tahun.

Pada musim panas 2023, ada lagi pemain yang direkrut Real Madrid pada usia belasan, yaitu Arda Guler. Tentu menarik menantikan karier sang remaja Turki bersama Los Blancos. Jika menengok ke belakang, beginilah kiprah lima remaja terakhir yang diboyong Real Madrid sebelum Arda Guler.

1. Brahim Diaz dipinjam AC Milan selama 3 tahun

5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda GulerBrahim Diaz (instagram.com/brahim)

Pertama, ada Brahim Diaz, gelandang Spanyol yang diboyong Real Madrid dari Manchester City pada Januari 2019. Saat itu, usia Diaz baru 19 tahun. Dalam setengah musim pertamanya, ia diberi kesempatan tampil sepuluh kali. Namun, pada musim berikutnya, jumlah penampilan Diaz malah menurun.

Demi menambah jam terbang, Diaz kemudian dipinjamkan ke AC Milan pada 2020/2021. Awalnya semusim, tetapi kemudian berlanjut menjadi 3 musim. Bersama Milan, Diaz sukses mencatat 124 penampilan di semua ajang dan turut memenangi scudetto 2021/2022.

Diaz akhirnya tidak dipermanenkan AC Milan. Ia dipulangkan Real Madrid pada musim panas 2023 dengan proyeksi menjadi pengganti Marco Asensio yang hengkang. Diaz juga diberi kontrak baru hingga 2027, pertanda ia mungkin akan jadi andalan Real Madrid.

2. Rodrygo sukses berkembang bareng Real Madrid

5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda GulerRodrygo (instagram.com/rodrygogoes)

Rodrygo Goes juga bergabung dengan Real Madrid sejak masih remaja. Ia didatangkan pada 2019 saat usianya 18 tahun. Meski masih sangat muda, Rodrygo langsung diberi kesempatan tampil 26 kali pada musim pertamanya. Sang winger Brasil membayar kepercayaan tersebut dengan torehan tujuh gol.

Sejak itu, Rodrygo terus berkembang bersama Los Blancos. Ia makin sering diandalkan karena produktivitasnya terus meningkat. Sejauh ini, sudah 165 laga dimainkan Rodrygo, dengan torehan 37 gol dan 32 assist. Kariernya bareng Real Madrid juga sudah dihiasi total delapan trofi.

Baca Juga: 6 Pemain Real Madrid yang Akhirnya Gabung Real Betis, Terbaru Isco

3. Takefusa Kubo tak diberi kesempatan oleh Real Madrid

5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda GulerTakefusa Kubo berseragam Real Madrid. (instagram.com/takefusa.kubo)

Tak semua pemain remaja sukses berkembang setelah bergabung dengan Real Madrid. Takefusa Kubo adalah salah satu nama yang tidak beruntung. Seperti Rodrygo, Kubo diboyong Los Blancos pada 2019 saat berusia 18 tahun. Namun, nasib keduanya jauh berbeda.

Jangankan berkembang, Kubo bahkan tak pernah sekali pun tampil dalam laga resmi bersama Real Madrid. Winger asal Jepang itu selalu hanya jadi pinjaman di klub-klub lain. Meski sering tampil apik saat dipinjamkan, Kubo tetap tak diberi kesempatan oleh Real Madrid.

Kubo pun akhirnya hengkang dari Real Madrid pada musim panas 2022. Ia bergabung dengan Real Sociedad dan langsung jadi pemain inti. Keputusan Kubo untuk meninggalkan Real Madrid pun terbilang sangat tepat.

4. Reinier dihantui nasib buruk Kubo

5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda GulerReinier (instagram.com/reinier.jesus)

Ada pula Reinier Jesus, gelandang serang asal Brasil yang direkrut Real Madrid pada 2020. Namun, Reinier sejauh ini belum pernah bermain bareng tim utama Real Madrid. Ia hanya dijadikan pinjaman di Borussia Dortmund pada 2020–2022, lalu ke FC Girona pada 2022/2023.

Nasib buruk Takefusa Kubo bersama Real Madrid pun membayangi Reinier. Namun, Reinier saat ini masih bertahan di Real Madrid. Pemain kelahiran 2002 itu telah kembali dari peminjaman di Girona. Hanya saja, belum diketahui seperti apa kelanjutan kariernya musim depan.

5. Eduardo Camavinga masa depan lini tengah Real Madrid

5 Remaja Terakhir yang Diboyong Real Madrid sebelum Arda GulerEduardo Camavinga (instagram.com/camavinga)

Pemain remaja terakhir yang bergabung dengan Real Madrid sebelum Arda Guler adalah Eduardo Camavinga. Ia diboyong pada musim panas 2021 saat masih 18 tahun. Real Madrid kepincut Camavinga berkat penampilan apik sang gelandang asal Prancis bersama Stade Rennais.

Meski masih muda, Camavinga sudah menunjukkan kematangan luar biasa. Ia sukses mempertahankan performa bagus setelah pindah ke Real Madrid. Camavinga bahkan bisa tampil apik di berbagai posisi, termasuk sebagai bek kiri.

Sejauh ini, Camavinga telah bermain 99 kali bagi Real Madrid. Ia juga membawa Real Madrid meraih enam jenis trofi di kasta tertinggi yang bisa mereka menangi. Kini berusia 20 tahun, Camavinga adalah salah satu kunci masa depan lini tengah Real Madrid.

Lima pemain di atas bergabung dengan Real Madrid saat masih remaja. Hasilnya beragam bagi mereka. Ada yang sukses jadi andalan, ada pula yang kesulitan dapat kesempatan tampil. Nasib seperti apa yang bakal dialami Arda Guler bersama Real Madrid?

Baca Juga: 6 Pemain yang Memakai Nomor Punggung 24 Real Madrid sebelum Arda Guler

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya