5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang Baru

Kylian Mbappe paling sukses

Sebagai klub kaya, Paris Saint-Germain (PSG) hampir selalu aktif berbelanja pemain tiap jendela transfer dibuka. Les Parisiens bahkan sering kali mendatangkan pemain berstatus bintang. Namun, ada pula beberapa pemain remaja yang sukses menarik minat PSG.

Pada musim panas 2023 pun ada remaja yang sudah diboyong PSG, yaitu Cher Ndour. Gelandang berusia 19 tahun itu pun menyusul sejumlah nama yang pernah didatangkan PSG saat masih remaja. Termasuk Ndour, inilah lima pemain remaja terakhir yang merapat ke PSG.

1. Kylian Mbappe

5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang BaruKylian Mbappe (psg.fr)

Pemain remaja paling fenomenal yang pernah didatangkan Paris Saint-Germain tentu adalah Kylian Mbappe. Ia diboyong PSG dari AS Monaco pada musim panas 2017, awalnya hanya sebagai pinjaman. Saat itu usia Mbappe baru 18 tahun, tetapi potensinya yang begitu besar sudah jelas terlihat.

Bersama Monaco, Mbappe sukses mencetak 26 gol sepanjang 2016/2017. Ia pun berperan besar mengantarkan Monaco juara Ligue 1 Prancis musim tersebut. Selama dipinjam PSG, ketajaman Mbappe tak menurun. Ia membuat 21 gol, dan lagi-lagi sukses meraih trofi Ligue 1 bersama klubnya.

Mbappe pun akhirnya dipermanenkan PSG pada musim panas 2018, saat usianya 19 tahun. Sisanya adalah sejarah. Kini, Mbappe telah memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang masa PSG. Ia juga sudah mempersembahkan 12 trofi bagi PSG, termasuk 5 gelar juara Ligue 1.

2. Marcin Bulka

5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang BaruMarcin Bulka (psg.fr)

Paris Saint-Germain juga pernah mendatangkan penjaga gawang yang masih berusia remaja. Ia adalah Marcin Bulka, kiper asal Polandia jebolan akademi Chelsea. Sebelum sempat melakoni debut bareng tim utama Chelsea, Bulka keburu diboyong PSG pada musim panas 2019 saat berusia 19 tahun.

Bersama PSG, Bulka tentu hanya dilpot sebagai pelapis. Ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain, tetapi sempat melakoni dua penampilan di Ligue 1 bareng PSG. Saat ini, Bulka sudah meninggalkan PSG dan bermain untuk OGC Nice sejak 2022.

Baca Juga: PSG Mau Lucuti Real Madrid Gegara Kylian Mbappe

3. Mitchel Bakker

5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang BaruMitchel Bakker (instagram.com/mittchelb)

Selain Marcin Bulka, Paris Saint-Germain juga menggaet Mitchel Bakker saat berusia 19 tahun pada musim panas 2019. Bakker adalah bek kiri asal Belanda yang mengawali karier di Ajax Amsterdam. Meski baru tampil dua kali bersama tim utama Ajax, Bakker sudah menarik perhatian PSG.

Bakker hanya tampil lima kali pada musim pertamanya bareng PSG. Musim keduanya jauh lebih baik, dengan catatan 40 penampilan di semua ajang. Namun, setelah itu Bakker justru dilepas ke Bayer Leverkusen. Kini, Bakker baru saja bergabung dengan Atalanta pada musim panas 2023.

4. Nuno Mendes

5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang BaruNuno Mendes (instagram.com/nunomendes_5)

Selepas kepergian Mitchel Bakker, PSG kembali mendatangkan bek kiri berusia belasan. Ia adalah Nuno Mendes, pemain Portugal kelahiran tahun 2002. Mendes direkrut PSG pada musim panas 2021, awalnya dengan status pinjaman dari Sporting Lisbon.

Ternyata, Mendes sukses tampil cemerlang selama dipinjam PSG. Ia pun dipermanenkan pada awal 2022/2023 dan makin diandalkan. Selain sebagai bek kiri, Mendes juga kerap dipasang di pos gelandang. Ia berhasil menjalankan kedua peran tersebut dengan baik.

5. Cher Ndour

5 Remaja yang Pernah Didatangkan PSG, Ada yang BaruCher Ndour (psg.fr)

Cher Ndour menjadi pemain terbaru yang didatangkan PSG saat masih remaja. Ndour adalah gelandang Italia berdarah Senegal yang lahir pada tahun 2004. Ia pernah menimba ilmu di akademi Benfica, dan baru melakoni debut bareng tim utama Benfica pada Maret 2023.

Debutnya itu juga merupakan satu-satunya penampilan Ndour bagi Benfica pada 2022/2023. Namun, ia sebelumnya sudah jadi bintang di tim reserve Benfica. Hal itulah yang membuat PSG berminat kepadanya. Oleh Les Parisiens, Ndour diikat dengan kontrak jangka panjang hingga 2028.

Potensi besar lima pemain di atas membuat PSG mendatangkan mereka saat masih remaja. Hasilnya, ada yang sukses membuktikan potensinya, ada pula yang tak bertahan lama. Apakah Cher Ndour akan termasuk golongan yang sukses atau sebaliknya?

Baca Juga: Barcelona Cap Dembele Pengkhianat Usai Cabut ke PSG

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya