Statistik Son Heung Min Kontra Big Six EPL, Arsenal Korban Favorit!

Son juga tajam melawan Manchester City dan Liverpool

Son Heung Min adalah salah satu pemain Asia terbaik dalam sejarah English Premier League (EPL). Tak seperti beberapa pemain Asia lain, Son memang belum pernah membawa klubnya meraih trofi. Namun, statistik pribadi bomber Tottenham Hotspur itu menjadi yang terbaik.

Son adalah pemain Asia dengan penampilan dan gol terbanyak di EPL. Pria asal Korea Selatan itu juga produktif di ajang lain bersama Tottenham. Tak hanya saat melawan klub-klub semenjana, Son kerap tampil apik kontra klub besar.

Terbaru, Son sukses membobol gawang Arsenal dan Liverpool dalam dua pekan beruntun di EPL 2023/2024. Secara keseluruhan, beginilah catatan Son saat menghadapi klub Big Six EPL per 2 Oktober 2023 ini.

1. Arsenal adalah korban favorit Son Heung Min

Statistik Son Heung Min Kontra Big Six EPL, Arsenal Korban Favorit!Son Heung Min tampil melawan Arsenal di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Son Heung Min pantas jadi pujaan publik Tottenham Hotspur saat ini. Tak hanya karena performanya secara keseluruhan, tetapi juga rekornya melawan Arsenal. Di antara semua klub Big Six Premier League, Arsenal ternyata merupakan korban favorit Son.

Selama membela Tottenham, Son pernah 19 kali berlaga melawan Arsenal. Hasilnya, ia sukses membuat 7 gol dan 5 assist. Itu termasuk dua golnya saat Tottenham menahan imbang Arsenal 2-2 pada pekan keenam EPL 2023/2024.

Sayangnya, Son lebih sering menelan kekalahan saat melawan Arsenal. Dari 19 laga, ia membawa Tottenham menang 6 kali dan kalah 7 kali. Kemenangan terbaru yang ia raih pun sudah cukup lama terjadi, yaitu pada Mei 2022.

2. Manchester City paling sering dikalahkan Son Heung Min

Statistik Son Heung Min Kontra Big Six EPL, Arsenal Korban Favorit!Son Heung Min tampil melawan Manchester City di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Klub Big Six Premier League yang paling sering dikalahkan Son Heung Min bersama Tottenham Hotspur adalah Manchester City. Dari 17 pertemuan di semua ajang, Son sukses membuat The Citizens bertekuk lutut 9 kali. Sebanyak 7 laga berakhir dengan kekalahan Tottenham dan 1 partai sisanya tak memiliki pemenang.

Son punya andil besar dalam statistik positif tersebut. Ia menjebol gawang Manchester City 7 kali dan membuat assist 3 kali. Tiap kali Son mencetak gol maupun asisst, Tottenham sering keluar sebagai pemenang.

Baca Juga: Janji Setia Son Heung Min: Tolak Duit Segepok Arab Saudi Demi Spurs

3. Son Heung Min tajam melawan Liverpool, tetapi Tottenham Hotspur jarang menang

Statistik Son Heung Min Kontra Big Six EPL, Arsenal Korban Favorit!Son Heung Min tampil melawan Liverpool di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Liverpool juga merupakan klub yang sering merasakan ketajaman Son Heung Min. Gawang The Reds sudah 6 kali dibobol Son dalam 15 pertemuan di semua ajang. Terbaru, Son mencetak satu gol saat Tottenham mengalahkan Liverpool 2-1 pada pekan ketujuh Premier League 2023/2024.

Son juga sedang mengalami tren positif melawan Liverpool. Dalam 6 pertemuan terakhir, ia membuat 5 gol. Sayangnya, performa apik Son kontra Liverpool jarang berbuah hasil manis. Ia hanya pernah membawa Tottenham menang 2 kali dan kalah 9 kali.

4. Son Heung Min paling sering kalah saat menghadapi Manchester United

Statistik Son Heung Min Kontra Big Six EPL, Arsenal Korban Favorit!Son Heung Min tampil melawan Manchester United di EPL 2020/2021. (premierleague.com)

Ada pula klub Big Six Premier League yang sering membuat Son Heung Min kesulitan. Salah satunya Manchester United. Sepanjang kariernya, Son paling sering merasakan kekalahan saat melawan Setan Merah. Dari 18 pertemuan, raihan Son bersama Tottenham adalah 5 kali menang dan 11 kali kalah.

Statistik pribadi Son melawan Manchester United sendiri adalah 4 gol dan 2 assist. Itu termasuk 2 gol plus 1 assist saat Tottenham membantai Setan Merah 6-1 di EPL 2020/2021. Namun, selebihnya Son sering kali bisa dimatikan lini belakang Manchester United.

5. Son Heung Min minim gol dan assist kontra Chelsea

Statistik Son Heung Min Kontra Big Six EPL, Arsenal Korban Favorit!Son Heung Min tampil melawan Chelsea di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Son Heung Min juga sering dibuat tak bertaji saat menghadapi Chelsea. Son sudah pernah 17 kali bermain melawan The Blues di semua ajang. Hasilnya, Tottenham hanya dibawanya menang 5 kali dan kalah 8 kali. Bahkan, ia hanya bisa membuat dua gol dan nihil assist.

Terbaru, Son turut meraih kemenangan 2-0 atas Chelsea pada pekan ke-25 EPL 2022/2023. Namun, saat itu, ia hanya tampil dalam 11 menit penutup laga. Gol terakhir Son ke gawang Chelsea juga sudah lama terjadi, yaitu pada November 2018.

Son Heung Min punya statistik bagus melawan beberapa klub Big Six EPL. Meski beberapa klub kerap menyulitkannya, ia tetap pemain yang harus diwaspadai siapa pun. Bisakah Son menyempurnakan kariernya dengan raihan trofi bersama Tottenham Hotspur suatu saat nanti?

Baca Juga: Son Heung Min Lampaui Rekor Cristiano Ronaldo

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya