6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund Terbaru

Kiprah mereka cukup mengesankan di awal

Manchester United terlihat sangat aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Ini sebuah fenomena yang jarang terjadi dibandingkan musim-musim sebelumnya. Ini juga bukti serius skuad Erik ten Hag yang ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut 2023/2024. Ambisi besar Manchester United tentu saja meraih salah 1 trofi dari 4 kompetisi yang akan mereka jalani.

Manchester United berupaya untuk menambal kekurangan musim lalu dengan merekrut pemain-pemain baru. Setan Merah telah berhasil mendatangkan beberapa pemain anyar, termasuk Andre Onana dan Rasmus Hojlund, yang berasal dari Serie A Italia. Mereka menambah daftar pemain Manchester United yang bergabung dari kasta tertinggi Liga Italia.

Selain keduanya, berikut enam rekrutan terakhir Manchester United dari Serie A.

1. Reuni emosional Cristiano Ronaldo dan Manchester United

6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund TerbaruCristiano Ronaldo saat bermain untuk Juventus. (instagram.com/cristiano)

Kembalinya Cristiano Ronaldo ke Old Trafford menjadi salah satu transfer kepulangan yang sangat emosional dalam sejarah English Premier League (EPL). Pemain ini bergabung kembali dengan Setan Merah pada usia 36 tahun. Ia menandatangani kontrak senilai 17 juta euro (Rp295 miliar) setelah 3 musim bermain di Juventus.

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak 24 gol pada musim pertamanya kembali. Namun, pada era baru bersama Erik ten Hag, ia mengalami periode yang kurang menguntungkan dan kontraknya diputus pada Januari 2023. Cristiano Ronaldo kemudian pindah ke Arab Saudi untuk bergabung dengan Al-Nassr.

2. Manchester United terpikat dengan talenta yang dimiliki Amad Diallo

6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund TerbaruAmad Diallo ketika bermain bersama Sunderland. (instagram.com/amaddiallo19)

Mencatatkan empat penampilan di Serie A bersama Atalanta sudah cukup membuat Amad Diallo menarik perhatian Manchester United. Potensi yang dimilikinya bisa berkembang bersama Setan Merah. Namun, setelah mencetak gol saat berhadapan dengan AC Milan di Liga Europa, pemain asal Pantai Gading ini mulai mengalami penurunan kesempatan bermain secara perlahan.

Akhirnya, Diallo memutuskan untuk menghabiskan 2022/2023 lalu sebagai pemain pinjaman di Sunderland. Bersama Sunderland, ia menampilkan performa yang apik. Diallo hampir membantu klub tersebut meraih promosi ke EPL.

3. Paul Pogba lebih dulu kembali ke Manchester United sebelum Cristiano Ronaldo

6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund TerbaruPaul Pogba kembali bergabung dengan Juventus pada 2022/2023. (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba dibiarkan bergabung dengan Juventus secara gratis pada 2012. Namun, 4 tahun kemudian, ia kembali didatangkan Manchester United dengan rekor dunia. Biaya tebusnya sangat mahal kala itu.

Sayangnya, pada periode keduanya bersama Manchester United, Paul Pogba menampilkan permainan yang inkonsisten. Setelah mengesankan di Piala Dunia 2018 Rusia, permainannya mulai menurun. Pogba bahkan pergi secara gratis lagi dari Manchester United untuk bergabung bersama Juventus pada 2022.

Baca Juga: 4 Pemain Baru Manchester United 2023, Amunisi Tambahan!

4. Karier sulit Matteo Darmian di Manchester United

6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund TerbaruMatteo Darmian bermain bersama Inter Milan pada 2022/2023. (instagram.com/matteodarmian36)

Manchester United mendatangkan bek kanan, Matteo Darmian, pada masa kepemimpinan Louis van Gaal sebagai pelatih pada 2015. Dengan potensi yang dimilikinya, Darmian diharapkan dapat mengikuti jejak legenda Manchester United, Garry Neville. Namun, ia tidak pernah benar-benar memantapkan dirinya sebagai pemain reguler di tim utama selama 4 tahun di Old Trafford.

Darmian akhirnya memutuskan untuk kembali ke Italia. Setelah kembali ke Negeri Piza, ia menunjukkan performa yang bagus. Darmian juga berhasil memenangi scudetto bersama Inter Milan dan berperan penting dalam membawa klub tersebut mencapai final Liga Champions Eropa 2022/2023.

5. Sergio Romero bergabung dengan Manchester United dari Sampdoria pada 2015

6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund TerbaruSergio Romero (kiri) bermain untuk Boca Juniors. (instagram.com/sergioromero)

Pada tahun yang sama dengan Matteo Darmian, Manchester United memboyong Sergio Romero. Kiper asal Argentina ini didatangkan dengan status bebas transfer dari Sampdoria. Meskipun menjadi pelapis David De Gea, Romero tampil cukup apik ketika diberi kesempatan bermain.

Prestasinya yang mencolok terjadi di final Liga Europa 2017. Ia berhasil mencatatkan clean sheet dalam kemenangan Manchester United atas Ajax Amsterdam. Keberhasilan tersebut turut mengukuhkan peran penting Sergio Romero dalam membantu klub meraih gelar di kompetisi Eropa. Saat ini, ia sendiri bermain untuk Boca Juniors setelah menghabiskan 1 tahun bermain untuk Venezia pada 2021.

6. Cedera menghambat karier Giuseppe Rossi di Manchester United

6 Rekrutan Terakhir Man United dari Serie A, Onana dan Hojlund TerbaruGiuseppe Rossi (kanan) saat diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester United. (instagram.com/beppe787)

Giuseppe Rossi bergabung dengan Manchester United dari Parma pada 2004 saat usianya baru 17 tahun. Ia menunjukkan bakatnya dengan cepat dan langsung terlibat dengan tim utama. Rossi tampil dua kali di Piala Liga pada musim perdananya.

Sayangnya, cedera menghambat perkembangan kariernya di Manchester United. Selama ia berjuang melawan cedera, Setan Merah terus mendatangkan talenta-talenta muda. Persaingan untuk mendapatkan tempat utama makin ketat. Giuseppe Rossi pun hengkang. Ia kini telah pensiun setelah terakhir bermain untuk SPAL pada 2022/2023.

Manchester United tampaknya bersiap semaksimal mungkin untuk menghadapi musim 2023/2024. Dengan tambahan amunisi yang didatangkan dari Serie A, Setan Merah tentunya diharapkan bisa bersaing lebih tangguh untuk meraih gelar juara. Bisakah mereka melakukannya? Kita nantikan saja!

Baca Juga: 5 Pemain Denmark yang Pernah Bermain untuk Manchester United

Puspa Kusuma Photo Writer Puspa Kusuma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya