AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyak

Tiga di antaranya datang dari tuan rumah!

Kick off perdana AFC Asian Cup 2019 tinggal menghitung hari, tepatnya pada hari Sabtu, 5 Januari 2019. Sebanyak 24 negara dari lima konfederasi berbeda yang telah lolos babak kualifikasi, bakal saling jegal demi mahkota Raja Asia di putaran final yang berlangsung di Uni Emirat Arab.

Untuk menapaki tangga juara, tentu sebuah tim harus meraih kemenangan. Kemenangan itu sendiri diperoleh dari jumlah gol yang lebih banyak dari lawan. Oleh sebab itu, bisa mencetak gol merupakan sebuah kebanggan besar.

Nah, berikut adalah enam pesepak bola tim nasional AFC Asian Cup 2019 yang paling banyak mencetak gol untuk timnas masing-masing.

1. Ismail Matar, UAE (36 gol)

AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyaktellerreport.com

Ismail Matar, 35, merupakan salah satu dari tiga pemain dari Uni Emirat Arab (UEA) yang masuk daftar enam pemain teratas dengan gol terbanyak internasional. Dia adalah pemain veteran yang telah mencetak 36 gol untuk UEA.

Ismail Matar saat ini bermain untuk Al Wahada di UEA Pro League sejak 2001. Ismail mulai dikenal secara luas karena sukses memimpin UEA menggondol trofi pertamanya yaitu Piala Teluk Arab (Arabian Gulf Cup) ke-18 pada 2007, di Abu Dhabi.

2. Teerasil Dangda, Thailand (42 gol)

AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyakvov.vn

Teerasil Dangda saat ini bermain untuk klub Sanfreece Hiroshima di J-League. Pesepak bola Thailand ini diketahui telah bermain untuk banyak klub di seluruh dunia. Hal inilah yang membuat striker 30 tahun ini banyak makan asam garam.

Bahkan, Teerasil Dangda pernah dikontrak oleh Machester City pada tahun 2008. Tapi, semusim kemudian dia dilepas tanpa memainkan satu pun pertandingan. Walau demikian, Teerasil Dangda telah menjadi legenda hidup timnas berjuluk The War Elephants dengan torehan 42 golnya.

Baca Juga: Siap Unjuk Gigi, Ini Dia Profil Para Debutan di Ajang Piala Asia 2019

3. Ali Ahmed Mabkhout, UEA (44 gol)

AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyaksport360.com

Ali Ahmed Mabkhout telah menjadi andalan di tim nasional UEA sejak 2012. Kemampuan olah bola Mabkhout ak perlu diragukan lagi. Soalnya, dia telah tampil trengginas sekaligus secara konsisten untuk timnas, seperti halnya dia tampil untuk klubnya Al Jazira.

Penyerang 28 tahun itu tercatat telah mencetak 44 gol hanya dalam 65 penampilan untuk UEA. Ketika perhelatan AFC Asian Cup 2015 lalu, dia sukses menyabet gelar top scorer dengan lima biji gol.

4. Ahmed Khalil, UEA (49 gol)

AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyakthenational.ae

Sama seperti Ali Mabkhout, Ahmed Khalil juga sama suksesnya di arena internasional. Dengan garis depan yang kuat, tuan rumah akan mengincar setidaknya satu tempat di babak final AFC Asian Cup 2019 mendatang. Betapa tidak, selain jadi tuan rumah, tiga pemain UEA masuk daftar pencetak gol internasional terbanyak. Busyet!

Ahmed Khalil sendiri telah mencetak 49 gol sepanjang berkostum timnas UEA. Pada perhelatan AFC Asian Cup 2015, dia mencetak tiga gol, selisih dua gol dari Ali Mabkhout. Ahmed Khalil jelas jadi pemain yang harus diwaspadai. Dia masih berusia 27 tahun.

5. Philip Younghusband, Filipina (52 gol)

AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyakthenational.ae

Pesepak bola blasteran Filipina-Inggris ini telah menjadi striker yang haus gol dari Asia Tenggara. Oleh sebab itu, timnas berjuluk The Azkals (anjing jalanan) ini merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan di Piala Asia AFC 2019 mendatang.

Setelah mencatatkan 52 kali mengoyak gawang lawan, AFC Asian Cup 2019 jelas menjadi kesempatan yang sempurna bagi pemain 31 tahun ini untuk menunjukkan level permainannya di tingkat internasional. Lebih-lebih, bisa mengantar Filipina melangkah jauh di ajang empat tahunan ini. FYI, pelatih Filipina saat ini adalah Sven Goran Eriksson.

6. Sunil Chhetri, India (65 gol)

AFC Asian Cup 2019: 6 Pesepak Bola dengan Gol Internasional Terbanyakdnaindia.com

Legenda hidup dari India ini layak berada di urutan teratas dalam daftar ini. Sunil Chhetri merupakan satu-satunya penggawa timnas The Blue Tigers yang telah bermain sejak ajang AFC Asian Cup 2011.

Boleh jadi, edisi Piala Asia 2019 ini menjadi ajang yang terakhir baginya. Soalnya, dia saat ini telah berusia 34 tahun.

Dikenal karena kemampuannya mencetak gol yang hebat, Sunil Chhetri telah mengumpulkan total 65 gol untuk timnas India dalam 104 penampilan internasionalnya.

Itulah enam pesepak bola timnas partisipan AFC Asian Cup 2019 yang memiliki rekor gol terbanyak.

Baca Juga: Sepekan Lagi Kick Off, Ini 4 Timnas Tersukses di Ajang Piala Asia AFC

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya