3 Bintang Timnas Italia yang Berkarier di Inggris pada 2023/2024

Timnas Italia tidak pernah kehabisan pemain bintang

Liga Inggris masih menjadi yang paling kompetitif, baik dahulu maupun sekarang. Tidak mengherankan jika banyak pemain bintang ingin berkarier di sana. Pemain-pemain dari Italia adalah contohnya. Ada Gianfranco Zola dan Roberto Di Matteo yang sukses di English Premier League (EPL) bersama Chelsea.

Masa-masa emas itu memang sudah lama berlalu. Liga Inggris kini siap kembali menyambut para bintang Italia untuk berkarier di sana. Siapa saja mereka? Berikut bintang Timnas Italia yang berkarier di Inggris pada 2023/2024.

1. Sandro Tonali visioner pada laga debutnya di English Premier League 2023/2024

3 Bintang Timnas Italia yang Berkarier di Inggris pada 2023/2024Sandro Tonali (nufc.co.uk)

Sandro Tonali adalah gelandang andalan Timnas Italia yang meroket bersama AC Milan. Dia dikenal dengan kreativitas yang mampu menghidupkan lini tengah. Berkat kemampuannya itu, Tonali membawa AC Milan meraih scudetto pada 2021/2022.

Bukan hanya AC Milan, Tonali juga membawa dampak positif bagi Timnas Italia. Pemain 23 tahun itu mencatatkan 14 laga bersama Timnas Italia. Tonali berjasa membawa Gli Azzurri mencapai babak semifinal UEFA Nations League (UNL) 2023.

Pada bursa transfer musim panas 2023, Newcastle United resmi membeli Sandro Tonali dari AC Milan dengan harga 70 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun. Pembelian tersebut sempat diwarnai drama. Tonali menyatakan enggan meninggalkan AC Milan. Meskipun demikian, ia resmi berseragam Newcastle United.

Bersama Newcastle United, Tonali langsung unjuk gigi dengan mencetak satu gol di laga pembuka EPL melawan Aston Villa. Itu sekaligus mewarnai kemenangan telak mereka dengan skor 5-1. Namun, di laga kedua Newcastle harus tunduk dari juara bertahan, Manchester City, dengan skor 0-1.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Timnas Italia di Bawah Asuhan Roberto Mancini pada 2023

2. Nicolo Zaniolo berusaha mengembalikan ketajamannya di kasta tertinggi Liga Inggris

3 Bintang Timnas Italia yang Berkarier di Inggris pada 2023/2024Nicolo Zaniolo (avfc.co.uk)

Nicolo Zaniolo adalah penyerang Timnas Italia yang sempat naik daun di AS Roma. Ia mencetak gol kemenangan AS Roma di laga final UEFA Europa Conference League (UECL) 2021/2022 melawan Feyenoord dengan skor 1-0. Gelar itu terasa spesial karena AS Roma tidak memenangi satu gelar pun sejak 2007/2008. Namun, euforia tak bertahan lama setelah pada musim berikutnya performa Zaniolo justru menurun yang membuatnya dijual ke Galatasaray.

Zaniolo juga punya andil besar bagi Timnas Italia. Pemain 24 tahun itu mengoleksi total 13 penampilan untuk Timnas Italia. Zaniolo mengemas 2 gol dan 1 assist dari 5 pertandingan di kualifikasi Euro 2024.

Beberapa waktu lalu, Aston Villa resmi merekrut Zaniolo dari Galatasaray. Zaniolo bergabung dengan status pinjaman. Sang pemain diharapkan mampu beradaptasi, terlebih lagi Aston Villa akan bermain di UECL pada 2023/2024 ini.

3. Cesare Casadei yang menjadi mesin gol Gli Azzurri muda

3 Bintang Timnas Italia yang Berkarier di Inggris pada 2023/2024Cesare Casadei (lcfc.com)

Fans yang mengikuti gelaran Piala Dunia U-20 2023 lalu pasti tidak asing dengan nama ini. Cesare Casadei paling banyak disorot saat mencetak 7 gol dan 1 assist di ajang tersebut. Statistik itu juga membawa Timnas Italia U-20 melaju hingga ke babak final. Namun, mereka harus kalah dari Uruguay U-20 dengan skor tipis 0-1.

Cesare Casadei sendiri merupakan pemain Chelsea U-21. The Blues sebenarnya hendak mempromosikan Casadei ke tim utama. Namun, Chelsea tidak jadi melakukannya karena Casadei gagal menunjukkan performa bagusnya saat pramusim. Ditambah lagi, Lini tengah Chelsea pada 2023/2024 ini diisi banyak pemain berbakat, seperti Enzo Fernandez, Moises Caicedo, dan Romeo Lavia. Itu membuat Casadei makin sulit untuk masuk skuad utama.

Oleh karena itu, Chelsea memilih opsi peminjaman untuk mengatasi masalah ini. Leicester City menjadi klub yang meminang pemain 20 tahun itu lewat skema pinjaman. Casadei akan bermain bersama The Foxes selama semusim.

Casadei langsung bersinar saat mencetak gol debutnya di laga pembuka EFL Championship 2023/2024. Ia diharapkan mampu membawa Leicester City untuk kembali promosi ke EPL. Nah, itu tadi para penggawa Timnas Italia yang berkarier di Inggris 2023/2024 ini. Menurut kamu, siapa yang paling bersinar?

Baca Juga: 6 Pemain Andalan Roberto Mancini Selama Melatih Timnas Italia

Ridwan Saputra Photo Writer Ridwan Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya