5 Bintang Timnas Belarus yang Bermain di Kualifikasi Euro 2024

Mereka sempat bikin kejutan saat melawan Swiss

Belarus merupakan salah satu negara yang ikut unjuk kapasitas di Kualifikasi Euro 2024. Negara yang terletak di Eropa bagian timur itu tergabung dalam Grup I bersama Swiss, Rumania, Andorra, Kosovo, dan Israel. Mereka memang belum gemilang setelah baru mengemas 1 kali menang, 3 kali imbang, 4 kali kalah dari 8 laga yang sudah dilakoni.

Meski begitu, pada laga terbaru di Kualifikasi Euro 2024, Belarus nyaris membuat kejutan saat berjumpa Swiss. Bermain di Kybunpark-St Gallen, Minggu (15/10/2023), mereka hampir membantai tuan rumah andai tak kebobolan dua gol menjelang laga berakhir. Belarus mengakhiri laga ini dengan skor 3-3 atas Swiss.

Kendati bukan tim unggulan, Belarus tetap menjadi ancaman bagi klub-klub yang dijagokan. Itu disebabkan mereka mempunyai beberapa pemain bintang yang pernah menghiasi Liga Champions Eropa (UCL) sebelumnya. Termasuk bintang muda FC Astana, inilah lima bintang Timnas Belarus di Kualifikasi Euro 2024.

1. Max Ebong jadi gelandang paling trengginas

5 Bintang Timnas Belarus yang Bermain di Kualifikasi Euro 2024Max Ebong (kevin_solo99)

Max Ebong merupakan bintang utama Belarus di Kualifikasi Euro 2024. Di atas lapangan, pemain muda berusia 24 tahun ini biasa mengisi pos gelandang tengah yang impresif. Ebong sudah membukukan 7 penampilan dengan 601 menit bermain untuk Belarus. Perannya begitu dominan.

Lebih spesialnya, Ebong menjadi mesin gol Belarus di Kualifikasi Euro 2024. Buktinya, ia sudah membukukan 3 gol dengan rata-rata 0,43 persen mencetak gol dalam tiap pertandingan. Sang pemain benar-benar jadi gelandang yang diandalkan negaranya.

Di level klub, Ebong merupakan bintang muda milik klub raksasa Kazakhstan, FC Astana. Ia berperan ketika membawa timnya berjuang lolos ke ajang paling bergengsi Eropa pada 2023/2024. Itu dibuktikan usai sempat membela Astana di Kualifikasi Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa musim ini.

2. Vladislav Morozov adalah striker muda masa depan Belarus

5 Bintang Timnas Belarus yang Bermain di Kualifikasi Euro 2024Vladislav Morozov (dinamo-minsk.by)

Vladislav Morozov menempati daftar selanjutnya. Ia merupakan pemain muda harapan Belarus pada masa yang akan datang. Pemain kelahiran 11 Desember 2000 itu dikenal sebagai sosok goal getter muda yang memiliki bakat besar.

Buktinya, Morozov berhasil menjadi top skor kedua Belarus di bawah Max Ebong di Kualifikasi Euro 2024. Ia telah meraup 2 gol dari 8 pertandingan dengan 328 menit bermain. Morozov tak pernah absen dalam tiap laga Belarus di Kualifikasi Euro.

Statistik Morozov pun cukup ciamik di level klub. Ia merupakan andalan Dinamo Minsk, klub yang sudah menjuarai tujuh trofi Liga Belarus. Pada 2023/2024 ini, Morozov sudah mengemas 3 gol dan 3 assist di seluruh kompetisi. Ia bahkan mencetak gol ketika membawa timnya berlaga di Kualifikasi Liga Konferensi Eropa 2023/2024 meski akhirnya gagal lolos.

Baca Juga: Roberto Di Maio, Debutan Tertua di Kualifikasi Euro 2024

3. Kirill Pechenin impresif di sektor bek sayap

5 Bintang Timnas Belarus yang Bermain di Kualifikasi Euro 2024Kirill Pechenin (instagram.com/belarus_football_team)

Kirill Pechenin bermain gemilang di sektor bek kiri Belarus di Kualifikasi Euro 2024. Wing-back berusia 26 tahun itu agresif dengan catatan 2 assist dari 6 penampilan (441 menit bermain). Ia menduduki daftar top assist sementara Belarus di Kualifikasi Euro.

Pechenin merupakan bek sayap yang terampil dalam menjalankan pola transisi permainan. Ia sama baiknya ketika bermain dari belakang menuju ke depan hingga sebaliknya. Anggapan itu didukung setelah Pechenin bisa bermain di sektor lain sebagai gelandang kiri ketika merumput di atas lapangan.

4. Denis Polyakov berperan sebagai tembok pertahanan tangguh Belarus

5 Bintang Timnas Belarus yang Bermain di Kualifikasi Euro 2024Denis Polyakov (instagram.com/fca.astana)

Timnas Belarus juga memiliki bintang di posisi pertahanan. Ia bernama Denis Polyakov, senior 32 tahun yang biasa bermain sebagai bek tengah. Sang pemain gemilang di Kualifikasi Euro 2024.

Dari 7 laga (630 menit) yang sudah dilalui, Polyakov sukses mencetak 1 gol bagi Belarus. Ia turut berperan tangguh di jantung pertahanan negaranya. Buktinya, Polyakov berhasil mengemas catatan 25 balls recovered, 3 block, dan 38 clearances attempted di Kualifikasi Euro 2024.

5. Andrei Kudravets menempati daftar terakhir

5 Bintang Timnas Belarus yang Bermain di Kualifikasi Euro 2024Andrei Kudravets (instagram.com/andrey_kudravets1)

Daftar kelima diisi pemain muda berusia 20 tahun, Andrei Kudravets. Ia merupakan seorang penjaga gawang harapan Belarusia pada masa yang akan datang. Hanya saja, jam terbang sang kiper belum berbicara banyak di Kualifikasi Euro 2024.

Kudravets baru diberi kesempatan bermain sebanyak 1 laga (90 menit) untuk Belarus. Ia bermain saat melawan Swiss pada laga perdana Grup I di Kualifikasi Euro 2024. Namun, celakanya, gawang Kudravets kala itu justru dihujani gol setelah tumbang 0-5 dari Swiss.

Meski belum optimal, Andrei Kudravets tetaplah kiper muda masa depan Belarus. Hal itu didukung setelah ia menjadi salah satu kiper klub raksasa Belarus, BATE Borisov, pada 2023/2024 ini. Capaian itu bisa dikatakan hebat bagi Kudravets. Sebab, klub yang ia bela merupakan klub yang sempat beberapa kali mentas di Liga Champions Eropa.

Dari kelima pemain di atas, hanya Denis Polyakov yang usianya sudah memasuki 30 tahun lebih. Itu memberi arti Belarus banyak mengandalkan pemain muda di Kualifikasi Euro 2024. Mereka tentu memiliki kans untuk membentuk generasi emas pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Daftar 9 Negara yang Sudah Lolos Putaran Final Euro 2024

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya