Comscore Tracker

5 Fakta di Balik Keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022

Turun kasta ke grup B di UEFA Nations League 2024

Tim Nasional Inggris terpuruk pada ajang dua tahunan negara Eropa, UEFA Nations League 2022. Itu mereka alami setelah kalah pada laga fase grup kelompok 3 grup A kontra Italia, Jumat (23/9/2022) malam WIB.

Timnas Inggris kalah 1-0 atas Italia pada laga yang digelar di Stadion San Siro tersebut. Kekalahan itu sekaligus membuat mereka turun kasta ke grup B UEFA Nations League pada 2024.

Tim berlogo tiga singa itu harus memperpanjang rekor belum pernah menang di lima laga terakhirnya sejauh ini. Yuk, simak lima fakta di balik keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022!

1. Timnas Inggris merupakan tim unggulan 

5 Fakta di Balik Keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022Inggris vs Italia (editorial.uefa.com)

Timnas Inggris dikenal sebagai tim unggulan oleh penggemar sepak bola dunia. Itu tak lepas dari banyaknya bintang Eropa dalam skuad mereka. Belum lagi kasta liga tertinggi Inggris, yakni Premier League yang dianggap menjadi salah satu yang terbaik dunia.

Bahkan, tim berlogo tiga singa itu juga termasuk sebagai salah satu tim dengan harga pasar termahal di dunia. Harga pasar yang mereka miliki saat ini mencapai 1,3 miliar euro atau setara Rp19 miliar.

Beberapa nama top masih memperkuat Inggris pada 2022, di antaranya Harry Kane, Raheem Sterling, dan Jude Bellingham. Melihat skuad apik yang mereka miliki, tak heran jika banyak penggemar sepak bola menganggap Inggris sebagai unggulan.

2. Inggris degradasi ke grup B UEFA Nations League pada 2024

5 Fakta di Balik Keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022Inggris vs Italia (editorial.uefa.com)

Sayangnya, skuad apik yang dimiliki Inggris tak sebanding dengan performa mereka belakangan ini. Pasalnya, mereka baru saja menelan pil pahit harus turun kasta ke grup B UEFA Nations League pada 2024.

Catatan buruk itu Inggris rasakan setelah kalah pada laga fase grup kelompok 3 grup A kontra Italia. Mereka harus mengakui kemenangan 0-1 atas Italia di Stadion San Siro.

Kekalahan tersebut juga memperpanjang rekor belum pernah menang dalam lima laga terakhir mereka. Sejauh ini, tim asuhan Gareth Southgate itu hanya mencatatkan dua kali imbang dan tiga kali kalah, tanpa meraih kemenangan sama sekali.

Baca Juga: Strategi Spesifik Gareth Southgate untuk Inggris di Piala Dunia 2022

3. Inggris juru kunci klasemen kelompok 3 grup A

5 Fakta di Balik Keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022Timnas Inggris (editorial.uefa.com)

Turun kasta yang dialami Inggris di UEFA Nations League 2022 tak lepas dari rentetan hasil buruk yang mereka alami. Itu membuat mereka kini berada di posisi terakhir papan klasemen kelompok 3 grup A.

Dari lima laga terakhir yang Inggris lakoni, belum sekalipun mereka meraih kemenangan. Mereka hanya meraih dua poin di papan klasemen sementara. Dua poin itu mereka dapatkan ketika bermain imbang pada putaran pertama kontra Jerman dan Italia.

4. Dua kali kalah dari Timnas Hungaria

5 Fakta di Balik Keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022Hungaria vs Inggris (editorial.uefa.com)

Timnas Hungaria merupakan salah satu penyebab utama Inggris terpuruk di UEFA Nations 2022. Itu terjadi setelah Inggris menelan dua kekalahan beruntun pada laga fase grup oleh Hungaria.

Pada putaran pertama, Inggris kalah dengan skor 0-1 atas Hungaria. Kekalahan itu sekaligus menjadi kekalahan perdananya di ajang dua tahunan ini.

Inggris makin terbenam pada putaran kedua kala menghadapi Hungaria. Mereka harus tertunduk setelah mengakui keunggulan 0-4 oleh Hungaria. Inggris kalah telak setelah menerima satu kartu merah dalam laga itu.

5. Lini serang Timnas Inggris tumpul

5 Fakta di Balik Keterpurukan Inggris di UEFA Nations League 2022Timnas Inggris (editorial.uefa.com)

Timnas Inggris tampil buruk setelah menampilkan gaya permainan yang monoton di UEFA Nations League 2022. Lini serang mereka sangat tumpul sejauh ini.

Inggris hanya mampu mencetak satu gol dalam lima laga terakhirnya. Itu mereka peroleh kala bermain imbang 1-1 kontra Jerman pada 7 Juni 2022.

Selain itu, catatan statistik juga membuktikan bahwa Inggris sering memainkan gaya penguasaan bola. Terbukti, sejauh ini mereka telah mencatatkan 54,2 persen keseluruhan jumlah penguasaan bola.

 

Raihan buruk yang dialami Timnas Inggris di UEFA Nations League 2022 tak seharusnya mereka sesali begitu dalam. Sebab, mereka harus segera fokus mempersiapkan ajang yang lebih istimewa, yakni Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Memperkuat Timnas Inggris di UEFA Nations League

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya