5 Eks FC Lorient yang Kini menjadi Penggawa Klub EPL

Ada yang berkewarganegaraan Inggris

FC Lorient merupakan salah satu klub medioker Ligue 1 Prancis. Klub berjuluk Les Merlus itu belum pernah sekali pun merasakan gelar juara liga. Meski begitu, FC Lorient termasuk klub yang disegani di Prancis.

FC Lorient kerap menyulitkan klub-klub papan atas Ligue 1. Mereka juga memiliki banyak pemain berkualitas yang menjadi incaran klub-klub top Eropa, termasuk klub-klub yang menghuni English Premier League (EPL). Saat ini, ada lima eks FC Lorient yang menjadi penggawa klub EPL. Siapa saja para pemain tersebut dan seperti apa sepak terjangnya?

1. Yoane Wissa dijual ke Brentford pada Agustus 2021

5 Eks FC Lorient yang Kini menjadi Penggawa Klub EPLpotret Yoane Wissa (fclorient.bzh)

Pada Januari 2018, Yoane Wissa didatangkan FC Lorient dari Angers SCO seharga 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar. Pemain asal Republik Demokratik Kongo itu berposisi sebagai winger kiri. Selama menjadi penggawa FC Lorient, Wissa mencatatkan 128 penampilan dengan torehan 37 gol dan 17 assist.

Wissa dijual FC Lorient ke Brentford pada Agustus 2021. Penjualan tersebut menghasilkan uang sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp166 miliar. Bersama Brentford, ia sudah mencetak 17 gol dan 5 assist dalam 74 penampilan. Ia masih terikat kontrak dengan Brentford hingga Juni 2026.

2. Dango Ouattara jebolan akademi FC Lorient yang diboyong Bournemouth seharga 22,5 juta euro

5 Eks FC Lorient yang Kini menjadi Penggawa Klub EPLpotret Dango Ouattara (fclorient.bzh)

Dango Ouattara merupakan jebolan akademi FC Lorient. Winger kanan asal Burkina Faso itu berhasil promosi ke tim utama FC Lorient pada Juli 2021. Selama berseragam FC Lorient, Ouattara mencatatkan 44 penampilan. Ia mampu mencetak 7 gol dan 8 assist.

Pada Januari 2023, FC Lorient menjual Ouattara ke Bournemouth seharga 22,5 juta euro atau sekitar Rp375 miliar. Pemain berusia 21 tahun itu dikontrak Bournemouth hingga Juni 2028. Ia telah mencatatkan 19 penampilan bersama The Cerries dengan torehan 1 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Direkrut oleh Lorient dari Premier League

3. Jordan Ayew hanya semusim bersama FC Lorient sebelum hijrah ke Aston Villa

5 Eks FC Lorient yang Kini menjadi Penggawa Klub EPLpotret Jordan Ayew (fclorient.bzh)

Jordan Ayew merapat ke FC Lorient pada Juli 2014. Striker asal Ghana itu direkrut dari Olympique Marseille dengan biaya transfer sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp66 miliar. Ayew mampu tampil apik bersama FC Lorient. Namun, ia hanya menjadi penggawa Les Merlus selama semusim.

Pada Juli 2015, Ayew dijual FC Lorient ke Aston Villa dengan harga sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp200 miliar. Ia meninggalkan FC Lorient dengan torehan 13 gol dan 7 assist dalam 33 penampilan. Kini, Ayew bermain untuk Crystal Palace. Ia masih terikat kontrak Crystal Palace dengan hingga Juni 2024.

4. Trevoh Chalobah sempat dipinjam FC Lorient dari akademi Chelsea

5 Eks FC Lorient yang Kini menjadi Penggawa Klub EPLpotret Trevoh Chalobah (fclorient.bzh)

Trevoh Chalobah merupakan bek tengah berkewarganegaraan Inggris. Ia menjadi penggawa FC Lorient pada Agustus 2020 dengan berstatus pemain pinjaman dari akademi Chelsea. Selama berkarier bersama FC Lorient, Chalobah tampil sebanyak 30 kali dengan torehan 2 gol dan 2 assist

Setelah pulang dari FC Lorient, Chalobah dipromosikan ke tim utama Chelsea. Ia kini sudah mencatatkan 63 penampilan bersama The Blues dengan koleksi 4 gol dan 1 assist. Chalobah dipagari Chelsea dengan kontrak berdurasi hingga Juni 2028.

5. Mario Lemina merupakan jebolan akademi FC Lorient yang bermain untuk Wolverhampton

5 Eks FC Lorient yang Kini menjadi Penggawa Klub EPLpotret Mario Lemina (fclorient.bzh)

Terakhir, ada nama Mario Lemina, gelandang bertahan asal Gabon. Lemina merupakan jebolan akademi FC Lorient. Ia sukses promosi ke tim utama pada Januari 2013. Ia tampil sebanyak 43 kali selama menjadi penggawa FC Lorient.

Pada September 2013, FC Lorient menjual Lemina ke Olympique Marseille dengan harga sebesar 4 juta euro atau sekitar Rp66 miliar. Lemina kini bermain untuk Wolverhampton Wanderers. Ia bergabung sejak Januari 2023 dari OGC Nice. Transfer Lemina tersebut memakan biaya sebesar 11 juta euro atau sekitar Rp183 miliar. Ia dikontrak Wolves hingga Juni 2025.

Dari daftar di atas, Yoane Wissa menjadi pemain paling berpengaruh di FC Lorient. Ia mengoleksi penampilan terbanyak dengan 128 penampilan. Ia juga mampu menyumbang 37 gol dan 17 assist untuk Les Merlus.

Baca Juga: 10 Fakta Trevoh Chalobah, Bek Muda Chelsea yang Sedang Naik Daun

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela FC Lorient dalam Sedekade Terakhir 

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya