Comscore Tracker

5 Eks Southampton yang Kini Berkiprah di Ligue 1 Prancis

Salah satunya jebolan akademi Southampton

Southampton adalah salah satu klub Inggris yang berkompetisi di English Premier League (EPL). Mereka belum pernah meraih gelar juara sama sekali. Sebab, Southampton kerap bertengger di papan tengah klasemen.

Meski terhitung sebagai klub medioker, Southampton tetap berbahaya. Tak jarang mereka mampu menahan laju klub-klub besar EPL. Southampton juga terkenal karena pandai mengorbitkan sejumlah pemain bintang, sebut saja Luke Shaw, Virgil van Dijk, dan Sadio Mane.

Para pemain Southampton rata-rata memiliki kualitas yang bagus. Beberapa dari mereka kini melanjutkan kiprahnya bersama klub-klub di seluruh dunia, termasuk di Ligue 1 Prancis 2022/2023.

Berikut lima eks Southampton yang kini berkiprah di Ligue 1 Prancis.

1. Morgan Schneiderlin

5 Eks Southampton yang Kini Berkiprah di Ligue 1 Prancispotret Morgan Schneiderlin (ligue1.fr)

Morgan Schneiderlin bergabung dengan Southampton pada Juli 2008. Ia direkrut Southampton dari RC Strasbourg seharga 1,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp23 miliar.

Schneiderlin mampu tampil trengginas bersama Southampton. Ia piawai memainkan peran sebagai gelandang bertahan.

Bersama Southampton, Schneiderlin mencatatkan 261 pertandingan dengan raihan 15 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Pada Juli 2015, ia setuju untuk pindah ke Manchester United.

Kepindahan Schneiderlin dari Southampton ke Manchester United memakan biaya sebesar 35 juta euro atau saat ini sekitar Rp541 miliar. Namun, kiprahnya tidak begitu bersinar di sana. Ia pun tidak lagi bermain di Manchester.

Schneiderlin kini berkiprah bersama OGC Nice. Kontraknya bersama Nice akan berakhir pada Juni 2023.

2. Jose Fonte

5 Eks Southampton yang Kini Berkiprah di Ligue 1 Prancispotret Jose Fonte (ligue1.fr)

Jose Fonte merupakan bek tengah asal Portugal. Pemain gaek berusia 38 tahun ini pernah merapat ke Southampton pada Januari 2010.

Fonte kala itu dibeli dari Crystal Palace seharga 1,4 juta euro atau saat ini sekitar Rp21 miliar. Ia mampu menjadi pilihan utama di lini belakang Southampton.

Bersama Southampton, Fonte mencatatkan 288 penampilan dengan koleksi 15 gol dan 9 assist di semua kompetisi. Namun, pada Januari 2017, Southampton menjual Fonte ke West Ham United seharga 9,2 juta euro atau saat ini sekitar Rp142 miliar.

Fonte sendiri kini bermain bersama salah satu klub top Prancis, LOSC Lille. Bersama Lille, ia berhasil menjuarai Ligue 1 2020/2021 dan Piala Super Prancis 2021/2022. Kontrak Fonte bersama mereka akan berakhir pada Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Berkiprah di Premier League 2022/2023

3. Sofiane Boufal

5 Eks Southampton yang Kini Berkiprah di Ligue 1 Prancispotret Sofiane Boufal (ligue1.fr)

Sofiane Boufal merupakan winger kiri Maroko. Ia pernah merapat ke Southampton pada Agustus 2016.

Kala itu, ia beli Southampton dari LOSC Lille dengah harga sebesar 18,7 juta euro atau saat ini sekitar Rp289 miliar. Namun, namanya tidak melejit. Boufal sendiri sempat dipinjamkan ke Celta Vigo pada Juli 2018.

Selama membela Southampton, Boufal mengoleksi 5 gol dan 5 assist dari 84 penampilan di semua kompetisi. Ia memang tidak terlalu sukses bersama Southampton.

Boufal akhirnya dilepas Southampton ke Angers secara gratis pada Oktober 2020. Ia masih terikat kontrak dengan Angers hingga Juni 2024.

4. Yan Valery

5 Eks Southampton yang Kini Berkiprah di Ligue 1 Prancispotret Yan Valery (ligue1.fr)

Yan Valery merupakan jebolan akademi Southampton. Ia promosi ke tim utama Southampton pada Januari 2019.

Valery berperan sebagai bek kanan. Sayangnya, ia gagal bersinar bersama Southampton. Pada Februari 2021, Southampton pun sempat meminjamkan Valery ke Birmingham.

Selama berkiprah bersama Southampton, Valery mencatatkan 53 penampilan dengan koleksi 2 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Pada September 2022 lalu, Southampton melepas Valery ke Angers dengan biaya yang tidak diumumkan. Ia terikat kontrak dengan Angers hingga Juni 2026.

5. Kevin Danso

5 Eks Southampton yang Kini Berkiprah di Ligue 1 Prancispotret Kevin Danso (ligue1.fr)

Terakhir, ada nama Kevin Danso, bek tengah asal Austria. Ia merapat ke Southampton pada Agustus 2019. Kala itu, Danso berstatus sebagai pemain pinjaman dari FC Augsburg.

Selama semusim menjalani masa peminjaman di Southampton, Danso hanya mencatatkan 10 penampilan di semua kompetisi dengan menyumbang 1 assist. Kini, ia merumput bersama Lens.

Danso direkrut Lens dari FC Augsburg pada Agustus 2021 dengan tebusan sebesar 5,5 juta euro atau saat ini sekitar Rp85 miliar. Ia terikat kontrak dengan Lens hingga Juni 2026.

Dari daftar di atas, Jose Fonte menjadi pemain yang sukses setelah melanjutkan kiprahnya bersama bersama klub Ligue 1. Bek Portugal itu berhasil memenangi gelar juara Ligue 1 dan Piala Super Prancis bersama LOSC Lille.

Baca Juga: 5 Eks Manchester United yang Kini Berkiprah di Serie A 2022/2023

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya