Kalahkan Filipina, Kemenangan Indonesia Serba "17-8-45"

Kebetulan saja atau.....

Timnas Indonesia U-22 berhasil mengkandaskan perlawanan Filipina dalam lanjutan penyisihan grup SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur pada Kamis (17/8). Kemenangan diraih setelah Evan Dimas dkk berhasil menyarangkan tiga gol tanpa balas ke gawang Filipina.

Kalahkan Filipina, Kemenangan Indonesia Serba 17-8-45bolasport.com

Kemenangan ini semakin istimewa sebab bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72. Selain itu, kemenangan heroik ini juga menyimpan sejumlah fakta menarik. Apa saja? 

1. Digelar pada 17 Agustus 2017.

Kalahkan Filipina, Kemenangan Indonesia Serba 17-8-45republika.co.id

Keistimewaan pertama adalah pertandingan ini berlangsung tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus. Momen ini tentu menjadi suntikan semangat bagi anak asuh Luis Milla untuk memberikan kado terbaik bagi bangsa. Bahkan Ezra Walian dkk sempat melakukan upacara bendera sebelum memulai latihan pada pagi hari.

2. Kick-off tepat pada pukul 19.45.

Kalahkan Filipina, Kemenangan Indonesia Serba 17-8-45pojoksatu.id
Tak hanya masalah tanggal, keunikan lain adalah waktu kick-off alias dimulainya pertandingan yang tepat menunjukkan pukul 19.45, sesuai dengan tahun lahir bangsa Indonesia pada tahun 1945.

3. Gol menit ke-45 dan nomor punggung 8. 

Kalahkan Filipina, Kemenangan Indonesia Serba 17-8-45okezone.com

Anak asuh Luis Milla itu berhasil menggandakan kedudukan melalui Muhammad Hargianto setelah menerima umpan terobosan dari Septian David. Lucunya, gol itu tercipta di menit ke-45 oleh pemilik nomor punggung 8, sesuai dengan urutan bulan kemerdekaan, Agustus. 

4. Gol penutup oleh Saddil Ramdani. 

Kalahkan Filipina, Kemenangan Indonesia Serba 17-8-45breakingnews.co.id

Melihat celah di pertahanan Filipina, Saddil melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti yang kemudian menjadi gol indah. Lagi-lagi, gol ini beraroma kemerdekaan sebab dicetak oleh pemilik bernomor punggung 17. Saddil dan pemain Indonesia lainnya pun berlari ke sisi lapangan lalu melakukan selebrasi hormat kepada supporter sebagai tanda terima kasih. 

Sepak bola selalu memiliki keunikan tersendiri jika diamati lebih dalam, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan angka. Bukan tidak mungkin, semangat dan tekat Garuda Muda untuk mempersembahkan kado kemerdekaan itu justru menciptakan keberuntungan-keberuntungan di lapangan.

Baca juga: Begini Gaya 10 Artis Rayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72

Topik:

Berita Terkini Lainnya