3 Catatan dari Laga Legenda Persib vs Borussia Dortmund

Nostalgia terjadi saat legenda Persib lawan Dortmund

Jakarta, IDN Times - Sebuah laga penuh nostalgia dihelat di Stadion Siliwangi, Minggu (10/9/2023) sore WIB. Legenda Persib Bandung bertemu dengan legenda Borussia Dortmund, yang datang dari Jerman. Legenda 'Maung Bandung' kalah 0-4.

Selepas menjalani berbagai program di Jakarta, legenda Dortmund menutup perjalanan mereka di Indonesia ini dengan melawan legenda Persib di Siliwangi. Nah, dari laga tersebut, ada beberapa hal menarik yang bisa kita lihat. Apa saja itu?

1. Masih primanya legenda Dortmund

3 Catatan dari Laga Legenda Persib vs Borussia DortmundLegenda Persib lawan legenda Dortmund. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Para legenda Dortmund sempat tertekan oleh permainan para legenda Persib di babak pertama. Namun, seiring berjalannya laga, para legenda Dortmund yang berisikan David Odonkor, Jan Koller, Paul Lambert, hingga Jorg Heinrich, menggeliat.

Permainan cepat, meski tidak intens, sesekali sukses mereka peragakan. Kombinasi umpan satu dua yang cepat, ditambah lagi dengan keberanian mereka mengeksploitasi ruang, menjadikan para pemain Dortmund unggul atas Persib di laga ini.

Baca Juga: Legenda Dortmund Gelar Pelatihan untuk Anak-Anak Papua

2. Laga hanya berlangsung 35 menit, pergantian bebas

3 Catatan dari Laga Legenda Persib vs Borussia DortmundLegenda Persib lawan legenda Dortmund. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Laiknya laga persahabatan, apalagi ini tidak masuk kalender FIFA, regulasi laga sedikit dimodifikasi. Berhubung yang tampil adalah para pemain legenda, laga pun hanya berlangsung 2x35 menit, ditambah water break setiap babak masuk 20 menit.

Pergantian pemain pun tidak dibatasi dalam laga ini. Bahkan, pemain yang sempat keluar, bisa masuk kembali. Hal ini untuk mengakomodasi Dortmund, yang tidak banyak membawa pemain untuk pertandingan ini.

3. Sulitnya legenda Persib mengembangkan permainan

3 Catatan dari Laga Legenda Persib vs Borussia DortmundLegenda Persib lawan legenda Dortmund. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Di babak pertama, para pemain Dortmund sering terpeleset. Agaknya, mereka masih beradaptasi dengan kondisi lapangan Siliwangi. Ketika adaptasi itu tuntas, legenda Persib pun langsung kesulitan mengembangkan permainan.

Para legenda Persib ini kesulitan menembus pertahanan legenda Dortmund. Mereka dibuat tak berkutik, dan sering kali terhenti tepat di area sepertiga akhir. Alhasil, sampai laga tuntas, para legenda 'Maung Bandung' urung mencetak gol.

Baca Juga: Made Wirawan Sumringah Lakoni Laga Persahabatan Melawan Dortmund

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya