Akhirnya, Persebaya dan Persija Kena Denda dari Komdis PSSI

Persebaya dan Persija akhirnya kena hukum

Jakarta, IDN Times - Kehadiran pendukung Persebaya, entah itu suporter atau penonton biasa, saat laga lawan Persija pada Minggu, 30 Juli 2023, akhirnya memberi dampak. Kedua tim itu mendapatkan sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Dalam hasil sidang Komdis PSSI per 2 Agustus 2023, Persija dan Persebaya mendapatkan sanksi yang sama, yakni denda uang sebesar Rp25 juta. Alasannya, karena kehadiran pendukung Persebaya di Gelora Bung Karno (GBK). 

1. Panpel Persija izinkan masuk karena bertiket

Akhirnya, Persebaya dan Persija Kena Denda dari Komdis PSSIPendukung Persebaya di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jelang laga Persija lawan Persebaya, puluhan pendukung Persebaya diiznkan masuk ke GBK. Pantauan IDN Times, puluhan penonton Persebaya, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 70 orang, hadir ke GBK untuk menonton laga.

Sempat tertahan di Hall A Basket GBK, mereka akhirnya bisa masuk usai adanya konsolidasi antara pihak kepolisian, Security Officer Persija, pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Manajer Fans Relation Persebaya.

Keputusannya bahwa mereka itu penonton sah karena memilik tiket, ini mereka memiliki tiket berarti mereka membeli dan sebagai penonton biasa. Kita tidak bisa melarang, itu hak mereka," ujar Security Officer Persija, Hiro Paath, kepada para jurnalis.

Baca Juga: 3.095 Personel Diterjunkan Kawal Laga Persija vs Persebaya di SUGBK

2. Persebaya sudah mengimbau

Akhirnya, Persebaya dan Persija Kena Denda dari Komdis PSSIAji Santoso, pelatih Persebaya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, berkata bahwa manajemen Persebaya sudah mengimbau agar fans tidak datang ke GBK. Namun, fans yang datang ini sudah di luar kuasa manajemen. Apalagi, fans yang datang ini memiliki tiket.

"Ya soal Bonek (yang datang ke GBK), cukup susah ya, pengurus sudah menghimbau untuk tidak hadir, tapi kan beli tiket mereka, siapa yang mau disalahkan?" ujar Aji dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Persija.

Lebih lanjut, Aji pun melemparkan kritikan keras untuk PSSI. Dia meminta agar PSSI berpikir, kenapa aturan pelarangan tim tamu ini tetap dibuat, padahal tiket dijual.

"Jadi, tiket dijual untuk tim tamu, tapi akhirnya Persebaya tetap kena hukuman. Seperti halnya kemarin Persebaya di Solo, kena hukuman. Ya, biarkanlah pengurus PSSI berpikir," beber Aji.

3. Sebuah larangan yang aneh

Akhirnya, Persebaya dan Persija Kena Denda dari Komdis PSSISumber Gambar: persebaya.co.id

Sebelumnya, Direktur Persebaya Candra Wahyudi menyebut larangan kehadiran suporter tamu memantik kontroversi. Sebab, tak ada teknis penerapan larangan itu di lapangan. Hanya sekadar imbauan saja.

"Bagaimana cara mencegah kehadiran tim tamu ketika tiket dijual secara online. Siapa saja bisa membeli. Dicekal lewat deteksi domisili? Masih bisa pinjam identitas suporter tuan rumah," ujar Candra di situr resmi klub.

"Dicegah dengan larangan menggunakan atribut tim tamu? Tetap bisa masuk karena pakai atribut bebas. Baru di dalam stadion mengeluarkan atribut klub kesayangannya," tambahnya.

4. Tradisi suporter bertandang sudah terjadi lama

Akhirnya, Persebaya dan Persija Kena Denda dari Komdis PSSISuasana di Stadion Gelora Bung Tomo. Dok.IDN Times/Istimewa

Candra juga mengungkapkan, klub hanya sebatas meminimalisir pergerakan suporter. Niatan untuk menonton, pada akhirnya, tetap berasal dari suporter. Apalagi, tradisi suporter bertandang ini sudah terjadi sejak lama.

Kehadiran suporter tamu, apalagi suporter dengan basis yang besar macam Persebaya, Persija, Persib, atau PSM, justru menjadi berkah bagi tuan rumah. Mereka bisa menghasilkan cuan ketika bertandang ke markas lawan. Kedamaian juga hadir.

Contohnya dalam kehadiran Bonek di Stadion Jatidiri dan Manahan. Pada akhirnya laga tetap berjalan adem. Tak ada kerusuhan antar suporter. Sejatinya, ini sudah sesuai dengan tujuan PSSI. Tapi, malah tetap kena hukuman Komdis.

"Akal sehat kita tidak sama dengan Komdis PSSI. Pertandingan yang lancar dan kondusif tetap dijatuhi sanksi. Tidak hanya Persebaya, juga klub-klub lain (termasuk Persija). Pokoknya, pertandingan yang ada suporter tamu langsung diganjar vonis," ujar Candra.

Baca Juga: Jelang Laga Persija, Puluhan Penonton Persebaya Diizinkan Masuk SUGBK

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya