Aston Villa yang Lebih Positif di Bawah Unai Emery

Aston Villa siap jadi kuda hitam menakutkan

Jakarta, IDN Times - Ketika pertama kali datang ke Aston Villa di pertengahan musim 2022/23, Unai Emery sudah membuat banyak pihak tercengang. Dia mampu mengangkat tim asal Birmingham itu terbang tinggi.

Dari yang awalnya terjerembab zona degradasi, Emery mengangkat Aston Villa ke posisi yang terhormat. Tak terkalahkan dalam 10 laga liga mulai akhir Februari hingga akhir April. Emery membawa Aston Villa mentas di Conference League.

Sempat banyak yang mengira bahwa kejutan Emery akan selesai sampai di situ saja. Namun, ternyata itu salah. Emery membawa Villa semakin positif di musim 2023/24 ini.

1. Penguatan yang berbuah positif

Aston Villa yang Lebih Positif di Bawah Unai Emerypotret pemain Aston Villa telah mencetak gol ke gawang Manchester United (skysports.com)

Selepas musim 2022/23 tuntas, Emery langsung melakukan penguatan ketika bursa transfer musim panas tiba. Kehadiran miliuner asal Mesir, Nassef Sawiris, membuat Villa mendapatkan suntikan dana yang lumayan.

Selain untuk membenahi beberapa fasilitas latihan milik mereka, hadirnya Sawiris membuat finansial Villa membaik. Alhasil, mereka berhasil mendaratkan nama-nama macam Youri Tielemans, Moussa Diaby, hingga Pau Torres.

Hadirnya nama-nama apik ini membuat kekuatan skuad Villa bertambah drastis di musim 2023/24 ini. Hal itu juga yang menjadikan mereka jadi salah satu kuda hitam yang patut diwaspadai.

Baca Juga: Aston Villa vs Arsenal 10 Desember 2023: The Gunners Kalah 1-0

2. Perubahan mentalitas dan metode kepelatihan

Aston Villa yang Lebih Positif di Bawah Unai Emerypotret Unai Emery (uefa.com)

Saat kalah dari Arsenal musim lalu, plus kalah dari Stevenage, Emery menyoroti mentalitas dari anak asuhnya. Sontak, mental jadi hal dasar yang dia benahi musim lalu. Perlahan, perubahan itu mulai terasa, terutama musim ini.

Menilik performa Aston Villa dalam laga lawan Manchester City dan Arsenal, awal Desember 2023, memperlihatkan bahwa para pemain Villa sudah tidak ketakutan lagi saat bersua tim besar. Malah, mereka mampu mendominasi lawan-lawannya.

Permainan yang cair, serta kemampuan para pemain tengah Villa dalam mendominasi permainan, menjadikan mereka superior atas ManCity dan Arsenal. Naiknya mentalitas ini, tak lepas juga dari perubahan metode kepelatihan yang dia terapkan.

"Dengan Gerrard, latihan hanya latihan. Dengan Emery, detail jadi hal utama. Dia melatih para pemain sampai ke tingkatan paling dasar, sembari menyuntikkan kebiasaan baru di tempat latihan, yang lebih positif," ujar salah satu sumber di Villa, dilansir The Athletic.

"Sampai akhirnya, metode Emery ini terasa efeknya di atas lapangan. Hal itu menumbuhkan rasa percaya di diri pemain, bahwa Emery memang benar. Alhasil, rasa percaya kepada pelatih muncul, juga rasa percaya diri dalam diri pemain. Hasil? Tinggal mengikuti," lanjut sumber tersebut.

3. Potensi Aston Villa menggebrak musim ini

Aston Villa yang Lebih Positif di Bawah Unai Emeryinstagram.com/avfcofficial

Sekarang, semua tengah berjalan baik bagi Aston Villa. Perubahan mendasar yang dilakukan Emery sudah mulai menampakkan hasil. Dalam 16 laga terakhir di liga, Villa hanya kalah tiga kali. Sisanya, mereka menang 11 kali dan imbang dua kali.

Aston Villa sekarang jauh lebih positif bersama Unai Emery. Dengan segala perubahan yang sudah terjadi selama setahun terakhir, mereka adalah kuda hitam yang siap merepotkan tim-tim papan atas Premier League musim ini.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Aston Villa Lawan Arsenal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya