Atalanta Menang, Italia Gagal Kirim 6 Tim ke Liga Champions

Italia hanya kirim lima wakil ke Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Kemenangan Atalanta atas Torino pada pekan 38 Serie A 2023/24, Minggu (26/5/2024), memberi efek buruk. Italia gagal mengirim enam tim ke Liga Champions musim depan.

Buah dari kemenangan atas Torino, lalu kekalahan Bologna dari Genoa, membuat posisi lima besar klasemen Serie A 2023/24 berubah. Atalanta naik ke posisi empat, sementara Bologna turun ke posisi lima.

Nah, turunnya Bologna ke posisi lima inilah yang memberi dampak negatif. AS Roma yang berada di peringkat enam, dipastikan gagal melenggang ke Liga Champions. Kenapa?

1. Harusnya Atalanta finis kelima

Atalanta Menang, Italia Gagal Kirim 6 Tim ke Liga ChampionsPenyerang Atalanta, Ademola Lookman. (twitter.com/Atalanta_BC)

Dilansir Football Italia, Atalanta adalah penentu jadi atau tidaknya Italia kirim enam wakil ke Liga Champions musim depan. Jika mereka finis kelima, Italia dipastikan bisa mengirim enam wakil ke Liga Champions 2024/25.

Sebab, andai Atalanta finis di peringkat lima, mereka akan lolos ke Liga Champions musim depan dengan status juara Liga Europa. Lalu, Inter Milan, AC Milan, Bologna, dan Juventus, lolos lewat jalur empat peringkat teratas Serie A.

Kemudian, slot tambahan diberikan untuk AS Roma di peringkat enam. Skema yang indah bagi Roma, tetapi pada akhirnya tidak terjadi.

Baca Juga: Venezia Tembus Final Play-off, Jay Idzes Berpotensi Main di Serie A

2. Atalanta akhirnya naik peringkat

Atalanta Menang, Italia Gagal Kirim 6 Tim ke Liga ChampionsInstagram(AtalantaBC)

Jika finis di peringkat tiga atau empat, Atalanta akan lolos ke Liga Champions lewat jalur empat teratas Serie A. Dengan skenario itu, Roma tidak akan lolos ke Liga Champions, karena status slot juara Liga Europa milik Atalanta tidak diturunkan ke klub Italia.

Slot juara Liga Europa milik Atalanta akan diberikan ke klub Eropa dengan koefisien tertinggi yang sedang ikut kualifikasi Liga Champions. Artinya, itu jatuh pada Benfica. Italia tetap akan mengirimkan lima wakil, sesuai hasil tim-tim mereka di kompetisi Eropa musim ini.

Nah, skema inilah yang pada akhirnya terjadi. Naiknya peringkat Atalanta, plus kalahnya Bologna, membuat Roma terlempar.

3. Roma terlempar ke Liga Europa

Atalanta Menang, Italia Gagal Kirim 6 Tim ke Liga ChampionsSelebrasi Paulo Dybala usai membobol gawang Torino, Selasa (27/2/2024). (X/@ASRomaEN).

Kini, Roma harus rela terlempar ke Liga Europa. Roma akan jadi wakil Italia di Liga Europa musim depan bersama Lazio.

Fiorentina pun berpotensi lolos ke Liga Europa musim depan, jika menjuarai Conference League musim ini. Slot Conference League yang dimiliki Fiorentina sekarang akan diserahkan ke tim peringkat sembilan Serie A, Torino.

Gara-gara Atalanta, Italia memang gagal mengirimkan enam wakil ke Liga Champions musim depan. Namun, mereka tetap berpotensi menerjunkan tim yang banyak ke kompetisi Eropa musim depan, yakni sembilan dan bergantung pada Fiorentina.

Baca Juga: Atalanta Cetak Sejarah, Bawa Lagi Trofi Liga Europa ke Italia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya