Bagaimana Nasib Frank Wormuth Setelah Piala Dunia U-17 2023?

PSSI sudah tawari Frank Wormuth kontrak baru

Jakarta, IDN Times - Seiring tuntasnya perjalanan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, ada satu orang yang dipertanyakan nasibnya. Dia adalah penasihat sekaligus pendamping Timnas U-17 asal Jerman, Frank Wormuth.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, menjelaskan nasib Wormuth. Seperti apa kelanjutan karier pria asal Jerman itu di PSSI, selepas tugasnya sebagai pendamping Timnas U-17 dalam Piala Dunia U-17 2023 selesai?

1. PSSI sudah tawari Wormuth kontrak baru

Bagaimana Nasib Frank Wormuth Setelah Piala Dunia U-17 2023?Frank Wormuth di laga Timnas U-17 lawan Barcelona. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Zainudin menyatakan PSSI sebenarnya sudah menawari Wormuth kontrak baru. Kontrak itu bahkan bersifat jangka panjang. Namun, eks pelatih Timnas Jerman junior ini belum memberikan jawaban.

"Kami sudah kasih penawaran ke Frank Wormuth. Cuma, yang memutuskan tetap beliau. Kami menawarkan beliau lebih panjang untuk penasihat teknis atau apa. Tapi, kami tidak bisa memaksa," ujar Zainudin di Cileungsi, kemarin (14/12/2023).

Baca Juga: Timnas Indonesia Jajal Iran di Qatar Jelang Piala Asia 2023

2. Wormuth tak akan jadi pelatih Timnas U-17

Bagaimana Nasib Frank Wormuth Setelah Piala Dunia U-17 2023?Frank Wormuth di laga Timnas U-17 lawan Barcelona. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sebelumnya, banyak yang menduga Wormuth akan menjadi pelatih Timnas U-17, menggantikan Bima Sakti. Akan tetapi, Zainudin membantah hal itu. Menurutnya, hal itu belum masuk tahap pembicaraan.

"Kami masih konsentrasi U-20 dan senior. Timnas U-20 akan berangkat ke Qatar, dibiayai Pak Prabowo (Subianto), itu masih Indra Sjafri (pelatihnya). Senior langsung ke Qatar itu pelatih Shin Tae Yong. Untuk U-17 belum kami bicarakan,” ujar Zainudin.

3. Frank Wormuth urung bawa Timnas U-17 berprestasi

Bagaimana Nasib Frank Wormuth Setelah Piala Dunia U-17 2023?Frank Wormuth tonton Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Didapuk sebagai pendamping Timnas U-17, Wormuth memang urung membawa Indonesia berprestasi di Piala Dunia U-17 2023. Garuda Muda terhenti di fase grup, usai kalah dari Maroko.

Atas hasil itu, Wormuth disebut-sebut sudah mundur dari manajerial Timnas U-17 selepas Piala Dunia U-17 2023. Kini, mari kita nantikan, akankah dia lanjut bekerja untuk Timnas? Atau justru benar-benar memutuskan berhenti?

Baca Juga: Menilik Peran Frank Wormuth di Dapur Strategi Timnas U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya