Demi Gelar Liga Champions, ManCity Harus Habiskan Rp19 Triliun

ManCity keluar uang banyak demi Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Terkadang, untuk menghadirkan sesuatu yang berharga, butuh investasi besar. Hal itulah yang dilakukan Manchester City. Demi trofi Liga Champions, mereka rela habiskan belasan triliun rupiah.

Dilansir ESPN FC, ManCity mengguyur uang ratusan triliun kepada sang manajer, Pep Guardiola, untuk membangun skuad. Diperkirakan, angkanya mencapai 1,24 miliar euro, atau setara Rp19,8 triliun. Siapa saja yang dia rekrut?

1. Jack Grealish jadi yang termahal

Demi Gelar Liga Champions, ManCity Harus Habiskan Rp19 TriliunJack Grealish (goal.com)

Sejak beberapa musim terakhir, Guardiola acap merekrut pemain-pemain dengan harga mahal. Jack Grealish jadi yang termahal. Dia diangkut dari Aston Villa dengan mahar 117 juta euro, setara Rp1,8 triliun.

Selain Grealish, ada juga nama-nama lain yang direkrut mahal, seperti Ruben Dias (68 juta euro), Riyad Mahrez (67 juta euro), Aymeric Laporte (65 juta euro), Rodri (62 juta euro), dan terakhir Erling Haaland (60 juta euro).

Para pemain mahal ini ternyata memberikan kontribusi apik bagi ManCity. Bahkan, mereka jadi tulang punggung The Citizen dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: Guardiola Cetak Rekor Usai Antar ManCity Treble Winners

2. Ada juga pembelian yang tidak sukses

Demi Gelar Liga Champions, ManCity Harus Habiskan Rp19 Triliunelcorreoweb.es

Selain pembelian-pembelian mahal yang berujung sukses itu, ada juga beberapa pembelian ManCity di bawah Guardiola yang gagal. Misal, ada Nolito (18 juta euro) dan Angelino (12 juta euro).

Keduanya selalu dicadangkan Guardiola, hingga akhirnya dipinjamkan ke klub lain dan dijual. Tak semua investasinya di ManCity berujung apik, meski memang tak bisa dimungkiri, banyak yang berhasil.

3. Trofi Liga Champions pun datang

Demi Gelar Liga Champions, ManCity Harus Habiskan Rp19 TriliunFoto Perayaan Juara Manchester City (www.bing.com/nagalandpost)

Buah dari investasi apik Guardiola ini, plus gaya manajerialnya yang ciamik, trofi Liga Champions pun akhirnya datang ke MsnCity di musim 2022/23. Mereka sukses menumbangkan Inter Milan dalam laga final di Istanbul pada Minggu, 11 Juni 2023 dini hari WIB.

Penantian panjang Manchester City meraih gelar Liga Champions akhirnya tuntas. Khusus bagi Pep Guardiola sendiri, musim ini dia meraih treble kembali, setelah terakhir kali melakukannya di Barcelona pada musim 2008/09.

Baca Juga: Perasaan Aneh Rodri Usai Jadi Pahlawan ManCity Juara UCL

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya