Erick Thohir Ciptakan Iklim Sepak Bola Indonesia Lebih Baik

Erick Thohir disebut apik pimpin PSSI

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI Erick Thohir terus mendapatkan pujian dari tokoh masyarakat karena telah berhasil mentransformasi federasi ke arah lebih baik. Salah satu apresiasi datang dari Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali.

Akmal mengatakan, Erick berhasil membangun suasana yang harmonis dan kondusif, baik di tim internal maupun eksternal PSSI. Tentu ini menjadi bukti konkret Erick sangat layak menjadi orang nomor satu di PSSI.

"Erick Thohir ini memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam menciptakan iklim sepak bola yang jauh lebih baik. Saya melihat dukungan penuh Erick ini membuat para pemain timnas fokus mengeluarkan permainan terbaik mereka," kata Akmal, Rabu (13/09/2023).

1. Erick berkomitmen ciptakan Timnas berkualitas

Erick Thohir Ciptakan Iklim Sepak Bola Indonesia Lebih BaikTimnas U-23 lawan Turkmenistan di Kualifikasi Piala Asia U-23. (Dok. PSSI)

Dalam membangun keberhasilan tersebut, Erick memang memiliki komitmen penuh untuk menciptakan pemain Timnas yang berkualitas. Apalagi, dalam waktu dekat Indonesia juga akan mentas di Piala Dunia U-17 2023.

Jelang ajang Piala Dunia U-17, Erick berencana mematangkan fisik, mental, dan kualitas para pemain muda. Rencananya, skuad Garuda Asia bakal melakoni pemusatan latihan di Jerman, tepatnya di Dortmund dan Moenchengladbach.

Baca Juga: Timnas U-23 Lolos AFC Qatar, Canda Jokowi Hadiah Ulang Tahun Pak Erick

2. Erick jadi sosok pemimpin yang diidamkan

Erick Thohir Ciptakan Iklim Sepak Bola Indonesia Lebih BaikMenpora Dito bertemu Ketum PSSI Erick Thohir. (Dok. Kemenpora)

Akmal menjelaskan, berkat kepiawaiannya ini, Erick telah menjadi pemimpin yang diidamkan oleh publik terutama para pecinta sepak bola Tanah Air. Dia berhasil menciptakan Timnas yang bisa bersaing secara internasional.

Terbukti, Erick mampu mengantarkan Timnas U-23 tampil apik dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Mereka sukses lolos ke putaran final usai meraih kemenangan atas Taiwan dan Turkmenistan.

"Kenapa bisa berprestasi sekarang, semua sangat tergantung pada harmonisasi, dan yang paling penting kesejahteraan pelatih dan tim juga dijaga sehingga membuat pemain konsentrasi penuh, karena semua sudah terjamin," ujar Akmal.

3. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia di berbagai kelompok usia

Erick Thohir Ciptakan Iklim Sepak Bola Indonesia Lebih BaikTimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia berhasil lolos putaran final Piala Asia pada 2023 ini dalam berbagai kategori usia. Semua berawal dari keberhasilan Garuda senior melangkah ke Piala Asia 2023 di Qatar.

Tren berlanjut ketika Timnas Indonesia U-20 melangkah ke Piala Asia U-20 2023. Sayang, mereka gagal lolos ke fase gugur di ajang ini. Sekarang, kebahagiaan itu lengkap setelah Timnas U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: Sesumbarnya Shin Tae Yong Usai Antar Timnas U-23 ke Piala Asia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya