Jokowi: Sananta Ubah Pola Permainan Timnas Indonesia Lawan Brunei

Berkat Sananta, pola permainan Indonesia berubah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia lawan Brunei Darussalam, Kamis (12/10/2023) malam. Mengenakan kaus merah, dia menonton laga bersama para petinggi negara.

Tampak Ketua Umum PSSI, Erick Thohir; Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo; Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Cukur Brunei 6-0, Jokowi: Sangat Menghibur

1. Presiden Jokowi terhibur

Jokowi: Sananta Ubah Pola Permainan Timnas Indonesia Lawan BruneiPresiden Jokowi menyaksikan laga Indonesia vs Vietnam. (Dok. Setpres)

Dalam beberapa kesempatan di tengah pertandingan, tampak Presiden Jokowi sesekali tertawa dan tersenyum. Dia juga turut bertepuk tangan kala Timnas membobol gawang Brunei. Dia mengaku, terhibur dengan permainan Timnas.

"Sangat-sangat menghibur ya (permainan Timnas), dan ini kita kan nanti tanding di Brunei tanggal 17 (Oktober), jadi saya kira ini modal yang baik," ujar Jokowi saat ditemui selepas pertandingan.

Baca Juga: Dimas Drajat Hat-Trick, Timnas Indonesia Bekuk Brunei

2. Hadirnya Sananta mengubah pola permainan

Jokowi: Sananta Ubah Pola Permainan Timnas Indonesia Lawan BruneiSelebrasi striker Indonesia yakni Ramadhan Sananta setelah mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam dalam matchday kedua Grup A AFF Cup 2022 di Stadion KLFA Cheras, 26 Desember 2022. (Instagram.com/m.ramadhansn)

Tidak cuma menonton secara asal, Presiden Jokowi juga memantau pola permainan Timnas di laga lawan Brunei ini. Dia bahkan menyebut, masuknya Ramadhan Sananta sukses mengubah permainan Timnas jadi lebih cair.

"Ya, semua pemain main baik, main bola itu kan kerja tim. Tapi, ya, tadi di babak kedua, masuknya Ramadhan Sananta mengubah pola permainan," kata Jokowi.

Baca Juga: Dicukur Timnas Indonesia, Brunei Janji Balas di Leg Kedua

3. Harapan agar performa terus meningkat

Jokowi: Sananta Ubah Pola Permainan Timnas Indonesia Lawan BruneiPenyerang Timnas Indonesia, Dimas Drajad, laga lawan Brunei. (Dok. PSSI)

Lebih jauh, Jokowi berharap performa Timnas Indonesia terus meningkat. Tidak cuma di Kualifikasi Piala Dunia 2026 saja, tetapi juga di laga-laga internasional yang lain.

"Tidak ada masukan buat Timnas, ya, semua bagus. Insyaallah performa Timnas terus meningkat," ujar Jokowi,

Kemenangan 6-0 atas Brunei di leg pertama ini menjadi bekal tersendiri bagi Timnas Indonesia di leg kedua nanti. Pada 17 Oktober 2023, kedua tim akan bersua lagi di Bandar Seri Begawan, tepatnya di Hassanal Bolkiah National Stadium.

Jika sukses menumbangkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia bakal melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan tergabung ke Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya