Kenapa Dalot Kena Kartu Merah di Laga Liverpool vs MU?

Ada pembelaan terhadap wasit yang pimpin Liverpool vs MU

Jakarta, IDN Times - Mantan wasit Premier League, Dermot Gallagher, memberikan penjelasan soal kartu merah yang diterima Diogo Dalot di laga Liverpool lawan Manchester United (MU), Minggu (17/12/2023). Menurutnya, kartu merah itu memang perlu diberikan.

"Jika melihat situasi yang dialami wasit Michael Oliver di laga Liverpool lawan MU, saya lihat memang tidak punya pilihan. Dia memang harus melakukan itu," ujar Gallagher, dilansir Manchester Evening News.

1. Wasit berada dalam situasi yang serba salah

Kenapa Dalot Kena Kartu Merah di Laga Liverpool vs MU?thisisanfield.com

Gallagher berujar, Oliver berada dalam situasi yang serba salah. Sebab, Dalot terkena kartu merah lantaran protes keras pada wasit. Sedangkan Darwin Nunez, yang melakukan tindakan sama, justru tidak mendapatkan kartu merah.

"Apa pun keputusan yang diambil, dia tetap akan berada di posisi yang salah. Namun, pada akhirnya dia memutuskan untuk tidak mengusir Nunez, dan memberi kartu merah ke Dalot," ujar Gallagher.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai MU Tahan Imbang Liverpool di Anfield

2. Ada banyak faktor di balik keputusan wasit

Kenapa Dalot Kena Kartu Merah di Laga Liverpool vs MU?Michael Oliver (premierleague.com)

Gallagher juga menyebut, ada banyak faktor di balik sebuah keputusan yang diambil wasit. Tidak ada hal pasti, dan hal itulah yang menjadikan posisi wasit selalu serba sulit dalam pertandingan.

"Di satu titik, misal, ada yang ingin Dalot terkena dua kartu kuning langsung. Namun, dua menit berikutnya, ada juga yang ingin Mohamed Salah atau Nunez dapat tiga kartu kuning. Ini betul-betul sulit bagi wasit," ujar Gallagher.

3. MU dan Liverpool harus rela bermain imbang

Kenapa Dalot Kena Kartu Merah di Laga Liverpool vs MU?Barisan pertahanan MU tanpa celah melawan Liverpool. (premierleague.com)

Pada akhirnya, terlepas dari kontroversi wasit yang terjadi, duel Liverpool lawan MU tetap berjalan menarik. Menariknya, pertahanan Setan Merah berhasil membuat The Reds frustrasi.

Meski harus diwarnai kartu merah Diogo Dalot, MU berhasil menahan imbang Liverpool dengan skor 0-0. Sebuah capaian menjanjikan, mengingat mereka harus kehilangan satu pemain jelang laga di Anfield tersebut berakhir.

Baca Juga: Liverpool Ditahan MU, Ryan Gravenberch Jadi Korban

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya