Ketat, Persija Menang Tipis Atas Persebaya

Persija menang tipis berkat gol Ryo Matsumura

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta meraih kemenangan dalam laga pekan lima Liga 1 2023/24. Bertemu Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (30/7/2023), Tim berjuluk Macan Kemayoran itu menang 1-0.

Gol tunggal kemenangan Persija atas Persebaya di laga ini dicetak Ryo Matsumura pada menit 38. Kemenangan ini membawa Persija untuk sementara naik ke posisi lima klasemen sementara Liga 1 2023/24 dengan perolehan delapan poin.

Sejak awal babak pertama, Persija selaku tim tuan rumah langsung mengambil inisiatif. Kendati Marko Simic absen, lini serang 'Macan Kemayoran' begitu aktif menekan Persebaya.

Namun, Persebaya bermain cukup trengginas di laga ini, terutama di lini pertahanan. Dusan Stevanovic, Kadek Raditya, Riswan Lauhim, Arief Catur, dan Nuri Fasya, mengawal pertahanan Persebaya sedemikian rupa.

Malah, beberapa kali Persebaya mampu memberikan ancaman bagi lini pertahanan Persija. Sho Yamamoto, Bruno Moreira, Toni Firmansyah, dan Paulo Victor mampu berkombinasi dan menciptakan beberapa peluang bagi Persebaya.

Memasuki pertengahan babak pertama, tepatnya menit 28, kesulitan menghampiri Persebaya. Salah satu bek Persebaya, Arief Catur, harus menerima kartu merah langsung karena dinilai melakukan pelanggaran berat.

Persebaya pun harus main dengan 10 pemain sejak menit 29. Memanfaatkan keunggulan pemain, Persija langsung mencatatkan skor pada menit 38. Ryo Matsumura membobol gawang Persebaya usai melakukan kerja sama dengan Witan Sulaeman.

Unggul satu angka menjadikan Persija bermain lebih nyaman. Aliran bola mereka lebih jalan, dan mereka tidak membiarkan Persebaya menguasai bola lama-lama. Di sisi lain, Persebaya tampak sulit keluar dari tekanan.

Skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan sampai babak pertama tuntas. 'Macan Kemayoran' menyuguhkan permainan apik di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persebaya mulai membenahi diri. Meski bermain dengan 10 orang, mereka tidak ragu menekan balik Persija. Sontak, hal ini membuat Persija sempat kalang kabut. Lini pertahanan mereka terancam.

Akan tetapi, serangan yang dilancarkan Persebaya ini terkesan buru-buru. Persija pun mampu menghalaunya dengan mudah. Di sisi lain, serangan Persija juga sudah tidak setajam babak pertama.

Di pertengahan babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Persija dan Persebaya. Persija memasukkan Resky Fandi, Akbar Arjunsyah, dan Rayhan Hannan, sedangkan Persebaya memasukkan Andre Oktaviansyah, Kasim Botan, dan Reva Adi Utama.

Beberapa pergantian ini membuat intensitas permainan terjaga. Meski kekurangan satu pemain, Persebaya ternyata tetap tampil menggigit. Bahkan, memasuki menit 69, mereka justru mengambil inisiatif ketimbang Persija.

Namun, beberapa serangan balik yang dilepaskan oleh para pemain Persija juga terbilang berbahaya. Salah satunya pada menit 76, sepakan Ryo Matsumura hampir saja membobol gawang Persebaya. Sayang, sepakannya mengenai tiang gawang.

Di sisa waktu babak kedua, Persebaya masih coba mencari angka penyama kedudukan. Di sisi lain, Persija juga coba mencuri-curi kesempatan via serangan balik. Namun, gol tak kunjung datang bagi kedua tim.

Hingga babak kedua tuntas, skor 1-0 untuk keunggulan Persija atas Persebaya tetap bertahan. 'Macan Kemayoran' meraih kemenangan kedua mereka di Liga 1 2023/24 ini.

Baca Juga: Jelang Laga Persija, Puluhan Penonton Persebaya Diizinkan Masuk SUGBK

Baca Juga: Persija Tanpa Pemain Kunci, Persebaya Tetap Waspada

Baca Juga: Persebaya Siapkan Pemain Muda Lawan Persija

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya