Kroos: Saatnya Klopp Beri Sumbangsih untuk Jerman

Kroos ingin melihat Klopp pulang kampung ke Jerman

Jakarta, IDN Times - Kepergian Juergen Klopp dari Liverpool mengundang perhatian dari beberapa pihak, tak terkecuali penggawa Real Madrid, Toni Kroos. Dia pun salut akan keputusan berani eks manajer Mainz itu.

"Dia (Klopp) memang layak membuat keputusan ini (pergi dari Liverpool) sendiri. Dia adalah orang pintar dan paham mengenai momentum. Jika memang dia harus pergi, dia akan pergi. Sesederhana itu," ujar Kroos, dilansir Football Espana.

Baca Juga: Profil Marie-Louise Eta, Mutiara Sepak Bola Putri Jerman

1. Kroos ingin Klopp beri sumbangsih untuk sepak bola Jerman

Kroos: Saatnya Klopp Beri Sumbangsih untuk JermanJuergen Klopp (liverpoolfc.com)

Sebagai penggawa Timnas Jerman, plus fans sepak bola Jerman, Kroos rupanya memiliki harapan tersendiri untuk Klopp. Dia ingin, sosok kelahiran Stuttgart itu mengambil peran di sepak bola Jerman, entah di Timnas atau federasi.

"Sebagai fans sepak bola Jerman, saya hanya bisa berharap bahwa kami bisa melihatnya memberi sumbangsih bagi sepak bola Jerman, entah menjadi pelatih Timnas atau masuk federasi. Itu yang kami inginkan selama bertahun-tahun," kata Kroos.

Baca Juga: Juergen Klopp dan Siklus 7 Musim yang Berlanjut di Liverpool

2. Kroos tetap tidak bisa memaksakan kehendak

Kroos: Saatnya Klopp Beri Sumbangsih untuk JermanJuergen Klopp (premierleague.com)

Terlepas dari keinginannya agar Klopp pulang kampung ke Jerman, Kroos tidak bisa memaksakan keinginannya itu. Dia berujar, klub atau tim manapun yang nantinya merekrut Klopp, adalah pihak yang beruntung.

"Selamat bagi tim manapun yang nantinya bisa merekrut Klopp. Kalian telah merekrut seorang legenda," ujar Kroos.

Baca Juga: Mantan Anak Asuh Nangis Dengar Klopp Cabut dari Liverpool

3. Klopp adalah legenda di Liverpool

Kroos: Saatnya Klopp Beri Sumbangsih untuk JermanJurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Selama menukangi Liverpool, Klopp menjelma seorang legenda. Sudah banyak gelar yang dia sumbangkan bagi 'Si Merah', mulai dari gelar Premier League, Piala Liga, Piala FA, bahkan hingga Liga Champions.

Total, sudah ada tujuh trofi yang Klopp sumbangkan untuk Liverpool, termasuk trofi Premier League pada musim 2019/20. Kini, menarik untuk ditunggu, akankah dia pulang kampung ke Jerman? Atau bereuni dengan Kroos di Real Madrid?

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya