Malam Jumat Kelabu, Tamparan Keras Bagi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia di dua kelompok umur sama-sama kalah

Jakarta, IDN Times - Kamis (16/11/2023) jadi malam yang kelabu bagi Timnas Indonesia. Sebanyak dua kategori Timnas yang turun di dua ajang, senior dan U-17, sama-sama kalah.

Uniknya, kekalahan yang didapat Timnas Indonesia di level senior dan U-17, berasal dari lawan asal Timur Tengah.

1. Timnas U-17 kalah dari Maroko

Malam Jumat Kelabu, Tamparan Keras Bagi Timnas IndonesiaPemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim saat berusaha meraih bola dalam duel melawan Ekuador dalam laga Grup A Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Dalam laga pamungkas Grup A Piala Dunia U-17 2023, Timnas U-17 berkesempatan melawan Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (16/11/2023) malam WIB. Dalam laga itu, Timnas U-17 benar-benar tidak berkutik.

Maroko, yang diperkuat beberapa pemain yang mentas di Eropa, memeragakan permainan taktis. Alhasil, mereka sukses menggilas Timnas U-17 dengan skor 1-3. Arkhan Kaka dan kolega tidak berkutik melawan Maroko.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae Yong Akui Kualitas Irak

2. Timnas senior dihantam Irak

Malam Jumat Kelabu, Tamparan Keras Bagi Timnas IndonesiaTimnas Indonesia kalah 1-5 dari Irak, Kamis (16/11/2023). (Dok. PSSI).

Beranjak ke Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023) malam, ada Timnas senior yang bersua Irak dalam laga perdana babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Menghadapi Irak, Timnas benar-benar kelimpungan.

Kesalahan individu, berpadu dengan permainan yang cermat dan taktis dari Irak, membuat Timnas kelabakan. Alhasil, Timnas kalah telak dengan skor 1-5.

3. Timnas Indonesia yang tak boleh pongah

Malam Jumat Kelabu, Tamparan Keras Bagi Timnas IndonesiaTimnas Indonesia lawan Irak. (Dok. PSSI)

Dua kekalahan di dua laga kelompok umur berbeda, menandakan Timnas Indonesia tak boleh pongah. Misal Timnas U-17, boleh saja mereka menahan Ekuador dan Panama di Piala Dunia U-17 2023. Ternyata, mereka masih tak berdaya di hadapan permainan taktis Maroko.

Pun dengan Timnas senior. Boleh saja mereka pernah membantai Brunei Darussalam. Namun, perlu diingat Irak dan lawan-lawan di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 berada di level berbeda. Setidaknya, kekalahan ini jadi tamparan bagi Pasukan Garuda untuk tetap menapak bumi.

Baca Juga: Irak Masih Jadi Momok bagi Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya