Menengok JIS Jelang Piala Dunia U-17 2023

Sudah siapkah JIS jadi arena tempur Piala Dunia U-17?

Jakarta, IDN Times - Akhirnya, Jakarta International Stadium (JIS) kembali menggelar laga bertaraf internasional. Tidak tanggung-tanggung, stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu akan menggelar Piala Dunia U-17 2023.

JIS akan jadi venue laga Grup C dan E, plus satu laga terakhir Grup D dan F. Mereka jadi satu di antara empat venue Piala Dunia U-17 2023, bersama Manahan (Solo), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Nah, pada Selasa (7/11/2023) IDN Times berkesempatan untuk mengunjungi JIS dan mengecek kondisi stadion jelang Piala Dunia U-17 2023 nanti. Seperti apa kondisinya?

1. Kondisi luar stadion sudah rapi

Menengok JIS Jelang Piala Dunia U-17 2023Kondisi JIS jelang Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Beberapa bulan lalu, tampak ada pembangunan trotoar di area luar JIS, tepatnya di seberang area barat. Nah, per Selasa (7/11/2023), pembangunan trotoar di area luar itu sudah rampung.

Bagian luar JIS sudah tidak terlalu kumuh, laiknya beberapa bulan ke belakang. Pembangunan pun bahkan sudah tuntas hingga area dekat shelter TransJakarta. Alhasil, area luar JIS sekarang sudah tampak rapi.

Baca Juga: Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBT

2. Rumput yang masih dalam pembenahan

Menengok JIS Jelang Piala Dunia U-17 2023Kondisi JIS jelang Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Masuk ke area dalam stadion, pembenahan terasa di area barat, tempat masuk bus pemain dan wartawan. Akses masuk pemain sudah dibenahi, bahkan tersedia juga eskalator untuk dinaiki menuju lantai dua, selain lift.

Nah, begitu melihat rumput, kami agak sedikit terkejut. Sebab, rumput di beberapa bagian JIS tampak gundul. Meski tidak banyak, tetap saja hal itu jadi pemandangan yang kurang memanjakan mata. Agaknya, pertumbuhan rumputnya memang masih kurang merata.

Namun, tak perlu khawatir, tampak ada alat rumput dan beberapa petugas yang tengah berusaha membenahinya. Tidak cuma itu, mereka juga tengah memperbaiki beberapa bagian dalam lapangan, dengan tujuan mempercantik lapangan.

Kondisi tribune dan bench pemain juga sudah sangat siap. Tribune, baik untuk penonton biasa maupun VIP hingga VVIP, sudah siap untuk digunakan oleh fans. Pun, dengan bench yang nyaman bagi para pemain.

3. JIS dipastikan siap, tapi tetap harus dibenahi

Menengok JIS Jelang Piala Dunia U-17 2023Kondisi JIS jelang Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Sebelumnya, JIS sudah mendapatkan pujian dari pelatih Timnas Brasil U-17, Phelipe Leal. Dia menyatakan JIS begitu megah dan salut akan keseriusan Indonesia menjadi tuan rumah.

"Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion seperti ini," ujar Phelipe.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan rumput JIS sejatinya sudah siap untuk dipakai. Kualitas rumputnya sudah memenuhi standar internasional.

"Semuanya sudah selesai. Kami bangga bisa memperlihatkan kualitas rumput yang memenuhi standar internasional," ujar Arya di Kantor PSSI, Senin (6/11/2023).

Namun, berdasarkan pantauan IDN Times, agaknya masih ada beberapa pembenahan yang harus dilakukan JIS jelang Piala Dunia U-17 2023. Apalagi, mereka akan jadi tuan rumah untuk dua grup, bukan satu.

Baca Juga: Bendera Palestina Boleh Berkibar di Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya