Piala Asia Mepet, PSSI Minta Jay dan Nathan Cepat ke Indonesia

PSSI masih menanti Jay dan Nathan ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, meminta kepada dua pemain keturunan, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, untuk segera ke Indonesia. Sebab, mereka tinggal disumpah untuk jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saat ini, kami sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk bisa ke Indonesia. Mereka tinggal mengambil sumpah (untuk jadi WNI)," ujar Arya kepada para jurnalis, Senin (11/12/2023).

1. Keppres kewarganegaraan Jay dan Nathan sudah keluar

Piala Asia Mepet, PSSI Minta Jay dan Nathan Cepat ke IndonesiaProfil Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon).

Arya mengungkapkan, Keputusan Presiden (Keppres) kewarganegaraan untuk Jay dan Nathan sudah keluar. Untuk itu, dia mewakili PSSI berterima kasih kepada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo dan Mensesneg Pratikno yang sudah membantu.

"Kami juga berterima kasih kepada Mensesneg Pratikno dan Presiden Jokowi yang sudah mengeluarkan Keppres kewarganegaraan Jay dan Nathan. Sekarang, mereka tinggal disumpah. Setelah itu, baru KTP dan paspor akan diurus," ujar Arya.

Baca Juga: Justin Hubner Akhirnya Sah Jadi WNI!

2. Ucapan terima kasih PSSI kepada DPR

Piala Asia Mepet, PSSI Minta Jay dan Nathan Cepat ke IndonesiaRapat kerja Komisi X DPR RI soal naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Arya juga berterima kasih kepada DPR yang telah meloloskan proses naturalisasi Jay dan Nathan via Sidang Paripurna. Dia mengapresiasi Komisi X dan III yang sudah mempermudah proses naturalisasi keduanya.

"Setelah kemarin proses, kami berterima kasih kepada pimpinan DPR, kemudian juga pimpinan Komisi III dan anggotanya, serta pimpinan Komisi X dan anggotanya. Sehingga keputusan DPR kemarin, termasuk paripurna juga," kata Arya.

3. Jay dan Nathan bisa main di Piala Asia 2023?

Piala Asia Mepet, PSSI Minta Jay dan Nathan Cepat ke IndonesiaProfil Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon).

Berbeda dengan Justin Hubner yang sudah disumpah WNI beberapa waktu lalu, Jay dan Nathan belum melalui proses ini lantaran urung datang ke Indonesia. Hal itu pun menguarkan pertanyaan, bisakah mereka main di Piala Asia 2023?

Menilik masih panjangnya proses yang harus dilalui Jay dan Nathan, plus entry by name Piala Asia 2023 yang berakhir pada 10 Desember 2023, potensi keduanya main di ajang itu minim. Namun, PSSI masih ingin mengusahakan keduanya mentas di Piala Asia.

Baca Juga: Tok! DPR Setujui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya