Mentalitas Pemain Timnas U-16 Disorot, Tak Mau Tabrak Batas

Timnas U-16 dinilai gampang menyerah

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, heran dengan mentalitas dari para pemain di seleksi tahap kedua Timnas U-16, Kamis (28/3/2024) malam WIB. Dalam seleksi itu, dia melihat ada pemain yang lemah mental.

"Masalah kita selama ini kan masalah mental pemain dan itu saya lihat di seleksi Timnas U-16 ini, di mana para pemain masih belum bisa memaksa kondisinya karena di saat mereka capek ya dia akan menyerah," kata Nova di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga: Timnas U-16 Gelar Seleksi Tahap Kedua, Fokus di Tes Fisik

1. Masalah mental sempat jadi sorotan Shin Tae Yong

Mentalitas Pemain Timnas U-16 Disorot, Tak Mau Tabrak BatasPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Nova mengingat, perkara mental ini sempat menjadi sorotan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong saat awal melatih. Shin dibuat gerah karena para pemain kerap tak mau menabrak batas.

"Itu juga yang menjadi konsen dari coach Shin Tae Yong dari awal dia datang. Saya masih inget masalah pemain dari Indonesia adalah masalah mental yang tidak ingin memaksa di saat sudah capek," kata Nova.

Baca Juga: 36 Pemain Dipanggil Ikut Seleksi Timnas U-16 Tahap Kedua

2. Tampak dalam seleksi tahap kedua ini

Mentalitas Pemain Timnas U-16 Disorot, Tak Mau Tabrak BatasTC Timnas U-20 di Jakarta. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Perkara pemain yang tak mau berusaha lebih ini, hal itu tampak di seleksi tahap kedua Timnas U-16 ini. Sepengamatan Nova, ada enam pemain yang berhenti saat tes fisik karena merasa lelah.

"Itu saya lihat tadi di tes, ada sekitar enam pemain yang saya lihat sebenarnya ada tiga kali kesempatan mereka belum berhenti, tapi dia malah berhenti di saat merasa capek," kata Nova.

Baca Juga: Pelatih Timnas U-16 Sudah Dapat Nama Diaspora untuk Seleksi

3. Timnas harus berbeda dengan klub

Mentalitas Pemain Timnas U-16 Disorot, Tak Mau Tabrak BatasNova Arianto melatih Timnas U-16. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Nova mengingatkan kepada para pemain untuk bersikap beda ketika ada di Timnas. Dia ingin, para pemain bekerja lebih keras, karena level Timnas berbeda dengan klub.

"Menurut saya, ketika pemain lemah mental di Timnas itu tidak bisa diterima. Sekali lagi saya bilang, di Timnas itu harus berbeda dengan di klub," ujar Nova.

Timnas U-16 pun sudah dinanti beberapa ajang besar di 2024. Selain Piala AFF U-16 yang berpotensi dihelat di Indonesia, skuad Garuda Muda sudah ditunggu ajang Kualifikasi Piala Asia U-17.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya