Para Pemain Liga 1 Gemakan Kampanye #KamiSiapMain

Pemain ingin kompetisi bergulir lagi

Jakarta, IDN Times - Pada Jumat (23/7/2021), Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengadakan pertemuan virtual dengan seluruh perwakilan pemain yang main di klub Liga 1. Dari pertemuan itu, tercipta sebuah kampanye bernama #KamiSiapMain.

Dalam kesempatan ini, seluruh pemain menyampaikan aspirasinya agar kompetisi sepakbola di Indonesia dapat segera berlangsung. Mereka menyampaikan komitmennya untuk dapat patuh terhadap semua protokol kesehatan dan menyatakan bahwa hampir 100 persen dari pesepakbola di klub Liga 1 sudah menerima vaksin dengan dua kali dosis.

Lalu, bagaimana respons APPI terhadap aspirasi dari para pemain ini?

1. APPI akan bergerak menyampaikan aspirasi pemain

Para Pemain Liga 1 Gemakan Kampanye #KamiSiapMainLiga-Indonesia.id

Presiden APPI, Firman Utina, mengaku akan menyampaikan aspirasi yang disampaikan oleh pemain ini. Dalam pertemuan itu, dia juga mengecek kondisi terkini dari para pemain, seperti kondisi kesehatan, sedang berlatih atau tidak, termasuk kondisi finansialnya.

"Melihat kondisi saat ini masih di tengah ketidakpastian, APPI menginisiasi untuk mengumpulkan para pemain di tiap-tiap klub Liga 1 untuk mendengarkan kondisi dan aspirasi dari mereka. Dari sini kami akan bergerak untuk menyampaikan aspirasi para pemain," ujar Firman, dilansir situs resmi APPI.

Baca Juga: Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?

2. Kondisi pemain Liga 2 lebih parah

Para Pemain Liga 1 Gemakan Kampanye #KamiSiapMainSalah satu sudut Stadion Sultan Agung di Bantul, DI Yogyakarta, yang menjadi markas tiga tim yang arungi "Extraordinary Competition" Liga 1 2020. (Liga-Indonesia.id)

Tidak hanya para pemain Liga 1, APPI juga akan menampung aspirasi dari para pemain Liga 2. Berbeda dengan para pemain di Liga 1, para pemain Liga 2 kondisinya lebih memprihatinkan. Kontrak mereka pun sedikit berbeda dengan kontrak pemain Liga 1.

"Sementara masih pemain dari klub Liga 1 dahulu yang mengikuti rapat virtual, setelah ini pemain-pemain dari Liga 2. Karena, kondisi Liga 2 bahkan lebih memprihatinkan situasinya," Andritany Ardhiyasa, Wakil Presiden APPI.

3. APPI akan menindaklanjuti kondisi para pemain ke pihak terkait

Para Pemain Liga 1 Gemakan Kampanye #KamiSiapMainPersiraja vs Persita. (Website/ligaindonesiabaru.com)

Dalam waktu dekat, APPI akan segera melakukan tindak lanjut mengenai adanya aspirasi-aspirasi dari pesepakbola ini, baik secara gerakan solidaritas dan juga melakukan kajian dengan pihak-pihak terkait. Selanjutnya, aspirasi ini akan diteruskan kepada Pemerintah, Satgas COVID-19, Koordinator dan Tim Pemerintah Penanganan Covid, Federasi, Operator, dan pejabat yang berwenang lainnya.

"Kondisi profesi pemain sepakbola berbeda dengan profesi lainnya, sebelum digelar, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 butuh persiapan dan dijalankan dengan waktu yang relatif panjang, sehingga kondisi pelonggaran sesaat tidak terlalu berdampak bagi mereka. Jika konsep kompetisi telah menaati aturan dan protokol kesehatan, seharusnya tidak ada kekhawatiran," ujar Mohamad Hardika Aji, Acting General Manager APPI.

Baca Juga: Dokter Tirta Buka Suara soal Nasib Liga 1 dan Liga 2

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya