Comscore Tracker

Pelatnas Timnas U-16, Bima Sakti Fokus Asah Taktik dan Fisik

Pelatnas Timnas U-16 digelar di Stadion Pakansari

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 terus melakukan persiapan jelang putaran final Piala AFC U-16 yang akan digelar di Bahrain pada 2021. Per 16 November 2020, mereka menggelar pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Bogor.

Hingga kini, pemusatan latihan sudah memasuki pekan kedua. Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti menyebutkan, selama pemusatan latihan timnya selalu mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan.

"Sesuai arah Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan, setiap mulai latihan kami selalu disiplin menjaga jarak, memakai masker, dan menyiapkan serta menggunakan hand sanitizer, selama, saat dan sesudah latihan,” kata Bima Sakti, dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: AFC Usulkan Jadwal Baru Kualifikasi Piala Dunia 2022

1. Bima fokus pada pembenahan taktik dan fisik Timnas U-16

Pelatnas Timnas U-16, Bima Sakti Fokus Asah Taktik dan FisikPelatih TImnas U-16, Bima Sakti. Sumber: pssi.org

Bima mengakui selepas dua laga uji coba melawan Uni Emirat Arab, kondisi fisik dan pemahaman taktik para pemain meningkat. Kendati, sejauh ini dia masih berupaya menggenjot fisik dan taktik pemainnya.

Alhasil, dalam satu pekan nanti, Bima mengaku, akan banyak menerapkan small sided game dalam menu latihan. Tujuannya, agar akurasi umpan serta pemahaman pemain terhadap jarak antar lini semakin meningkat.

"Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antar lini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya. Terutama apabila melawan tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih besar dan tinggi, seperti pemain tim UEA. Saat lawan memainkan bola direct dari penjaga gawang mereka langsung ke depan, itu bagaimana cara antisipasinya, pemain saya minta untuk menjaga jarak, jangan terlalu terbuka,” ujar Bima.

Bima juga berharap fisik anak didiknya bisa terus meningkat, dan hubungan antar pemain juga bisa terjalin dengan baik lagi, serta yang terpenting tetap menjaga kesehatan dengan patuh terhadap protokol kesehatan.

2. Arkhan Fikri dipanggil lagi ke Timnas U-16

Pelatnas Timnas U-16, Bima Sakti Fokus Asah Taktik dan FisikArkhan Fikri, pemain Timnas U-16. Sumber: pssi.org

Bima juga memutuskan memanggil kembali seorang pemain untuk pemusatan latihan kali ini, yakni Arkhan Fikri, penggawa dari Barito Putera U-16. Arkhan merasa bersyukur dapat dipanggil lagi, setelah absen akibat cedera.

Arkhan pun siap membuktikan diri dalam pemusatan latihan ini. Jika diberikan kepercayaan oleh Bima, ia siap membawa tim tampil di Piala AFC U-16 hingga tembus Piala Dunia U-17.

"Di sini saya akan membuktikan bahwa saya dapat kembali ke performa saya, setelah sembuh dari cedera. Saya tidak akan sia-siakan kesempatan baik ini,” ujar dia.

Arkhan juga bersyukur latihan hari ini berjalan dengan baik, dan bertekad akan berjuang bersama timnya. Secara fisik, ia merasa sudah mulai ada perkembangan lebih baik.

"Saya sudah berani pegang bola dan tidak trauma lagi usai cedera. Trauma sudah hilang, caranya, dengan terus berlatih di lapangan dan membiasakan diri serta memiliki keyakinan diri untuk bisa kembali bagus,” kata dia.

3. Pemusatan latihan akan berlangsung hingga 29 November

Pelatnas Timnas U-16, Bima Sakti Fokus Asah Taktik dan FisikLatihan Timnas U-16. Sumber: pssi.org

Untuk pemusatan latihan kali ini, rencananya akan diselenggarakan hingga 29 November. Pemusatan latihan ini merupakan rangkaian persiapan skuad Timnas U-16 jelang ajang Piala AFC U-16 di Bahrain pada 2021.

Di ajang tersebut, Timnas U-16 akan tergabung dengan tim-tim yang kuat di Grup D. Ada Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok yang sudah menanti skuad asuhan Bima Sakti tersebut.

Baca Juga: Ronaldo, Pemain Keturunan Afrika yang Punya Mimpi Besar di Timnas U-16

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya