Pemain Timnas U-23 yang Disanksi Bisa Main di Pra Piala Asia U-23

AFC sudah memberi konfirmasi

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga berkata, PSSI sudah menerima konfirmasi dari AFC mengenai status dari para pemain Timnas U-23 yang terkena sanksi. Dalam surat balasan tersebut, mereka dipastikan bisa mentas.

"Kemarin sore kami sudah mendapatkan konfirmasi AFC. Dari konfirmasi tersebut, pemain-pemain yang diajukan Shin Tae Yong bisa bermain di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024," ujar Arya kepada para jurnalis.

1. PSSI jelaskan dasar keputusan tersebut

Pemain Timnas U-23 yang Disanksi Bisa Main di Pra Piala Asia U-23Timnas Indonesia di Piala AFF U23 2023 (https://www.pssi.org/)

Arya berkata, berdasarkan konfirmasi AFC, para pemain Timnas U-23 yang terkena sanksi bisa main lantaran Kualifikasi Piala Asia U-23 adalah ajang resmi. Sanksi bagi para pemain Garuda Muda hanya berlaku di laga persahabatan.

"AFC Qualifiers adalah kompetisi resmi yang diorganisasi oleh AFC," cuit Arya.

2. Potensi absen di Asian Games 2022

Pemain Timnas U-23 yang Disanksi Bisa Main di Pra Piala Asia U-23Timnas U-23 di final Piala AFF U-23. (Dok. PSSI)

Kendati bisa main di Kualifikasi Piala Asia U-23, ada potensi para pemain Timnas U-23 yang terkena sanksi ini tak bisa main di Asian Games 2022. Sebab, AFC menganggap Asian Games 2022 sebagai turnamen persahabatan.

"Asian Games adalah turnamen persahabatan dengan kategori usia yang berbeda dengan SEA Games (2023)," ujar Arya.

3. Status pemain yang disanksi sempat jadi pertanyaan

Pemain Timnas U-23 yang Disanksi Bisa Main di Pra Piala Asia U-23Timnas U-22 lawan Kamboja di SEA Games 2023. (Dok. PSSI)

Shin Tae Yong sudah memanggil 27 pemain yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia U-23. Uniknya, dalam daftar skuad tersebut, masih ada Titan Agung, Muhammad Taufany, dan Komang Teguh.

Kekhawatiran menyeruak karena pada Piala AFF U-23 2023 lalu, Titan dan Komang yang sudah dipanggil gagal mentas. Saat itu, AFC menyatakan mereka masih terkena sanksi, imbas insiden SEA Games 2023.

Kini, Taufany juga masuk dan statusnya masih terhukum. Titan dan Komang juga masih ada dua laga lagi yang harus dijalani dalam skorsingnya. Tetapi, setidaknya para pemain Timnas U-23 ini bisa mentas di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: Timnas U-23 Panggil Lagi Pemain yang Disanksi, Memang Bisa Main?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya