Persib Rilis Naskah Akademi Hari Jadi, Pemantik Diskusi

Naskah akademi hari jadi bisa dicek di situs resmi Persib

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung merilis naskah akademi hari jadinya pada Jumat (29/12/2023). Perilisan naskah ini merupakan janji dari para peneliti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) dan manajemen Maung Bandung.

"Sebagai bentuk pertanggungjawaban tim peneliti kepada publik dan keterbukaan informasi, Naskah Akademi Hari Jadi Persib sudah bisa diakses di laman resmi," begitu pernyataan resmi klub.

1. Naskah akademi terdiri dari empat bab

Persib Rilis Naskah Akademi Hari Jadi, Pemantik DiskusiPersib VS Bali United (baliutd.com)

Masih dalam pernyataan resminya, Persib menyebut naskah akademi hari jadinya terdiri dari empat bab. Apa saja isi dari empat bab naskah akademik itu?

"Secara umum, naskah akademi hari jadi Persib terdiri dari empat bab, yang meliputi Pendahuluan, Kajian Historis Hari Jadi Persib, Analisis dan Rekomendasi, serta Landasan Filosofis dan Sosiologis," lanjut pernyataan resmi klub.

Baca Juga: 36 Persatuan Sepak Bola Bakal Gugat Manajemen Persib ke Pengadilan

2. Jadi pemantik diskusi bagi semua pihak

Persib Rilis Naskah Akademi Hari Jadi, Pemantik DiskusiTim peneliti hari jadi Persib bersama manajemen PT PBB. (Dok. Persib)

Hadirnya naskah akademi Hari Jadi Persib bisa jadi pemantik diskusi bagi semua pihak. Apalagi, tak sedikit yang mempertanyakan keabsahan dari hasil penelitian tim Unpad.

Belakangan, hasil riset tim peneliti soal Hari Jadi Persib memang menimbulkan pro dan kontrak di kalangan pegiat sepak bola dan suporter, khususnya di Bandung. Para bobotoh pun mempertanyakan hal ini.

3. Persib sudah mengumumkan perubahan hari jadi

Persib Rilis Naskah Akademi Hari Jadi, Pemantik DiskusiTim peneliti hari jadi Persib bersama manajemen PT PBB. (Dok. Persib)

Persib secara resmi mengumumkan perubahan hari jadi dari 14 Maret 1933 ke 5 Januari 1919. Pengumuman tersebut dilakukan langsung oleh CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Glenn T Sugita.

Perubahan itu dilakukan setelah PT PBB menerima hasil riset dari Tim Peneliti Hari Jadi Persib yang diketuai Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Profesor Kunto Sofianto, di Graha Persib, Minggu (17/12/2023).

"Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis, dan bobotoh, karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada 14 Maret 1933," jelas Prof. Kunto dalam keterangan resmi.

“Dalam perspektif historis, 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai Hari Jadi Persib, tidak berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930," lanjutnya.

Baca Juga: Kehilangan Pemain yang Bikin Persib Sengsara di Liga 1

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya