Piala Dunia U-17 2023 Hanya Digelar di Pulau Jawa Saja?

FIFA baru inspeksi stadion di Pulau Jawa

Jakarta, IDN Times - Sebuah kemungkinan yang cukup unik menyeruak jelang Piala Dunia U-17 2023. Ada potensi, gelaran ini hanya akan berlangsung di stadion-stadion yang berlokasi di tanah Jawa saja.

Hal itu muncul seiring dengan inspeksi yang dilakukan FIFA di Indonesia, menyoal venue-venue yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023. Sejauh ini, mereka hanya menginspeksi empat venue saja.

Dalam daftar inspeksi mereka, tak ada Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali dan Stadion Jakabaring di Palembang, dua stadion yang sempat masuk venue Piala Dunia U-20 2023. Menyoal ini, Menpora Dito Ariotedjo angkat bicara.

1. Menpora sebut ada kemungkinan dua stadion itu tidak dipakai

Piala Dunia U-17 2023 Hanya Digelar di Pulau Jawa Saja?Menpora RI, Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora RI (IDN Times/Tino Satrio)

Dito berkata, ada kemungkinan Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Stadion Jakabaring tidak dipakai untuk Piala Dunia U-17 2023. Dia mengonfirmasi hal tersebut.

"Kayaknya iya ya (Jakabaring dan Kapten I Wayan Dipta tak dipakai untuk Piala Dunia U-17)," ujar Dito di Kemenpora, Senin (31/7/2023).

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

2. PSSI ingin melihat potensi di Jawa dulu

Piala Dunia U-17 2023 Hanya Digelar di Pulau Jawa Saja?ANTARA FOTO/Maulana Surya

Dito juga menjabarkan alasan kenapa sejauh ini FIFA baru menginspeksi empat stadion di Pulau Jawa untuk Piala Dunia U-17 2023. Dia menyebut, PSSI ingin melihat dulu potensi venue-venue di Pulau Jawa.

"Kalau dari penjelasan Ketum PSSI (Erick Thohir) sementara dilihat potensi yang di Jawa dulu, karena melihat U-17 kan dari segi logistik dan transportasinya ya, begitu," kata Dito.

3. Hasil lengkap inspeksi FIFA belum keluar

Piala Dunia U-17 2023 Hanya Digelar di Pulau Jawa Saja?Suasana persiapan acara kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

FIFA sendiri saat ini tengah melakukan pengecekan venue ke beberapa kota, seperti Jakarta (JIS), Bandung (Si Jalak Harupat), Surabaya (Gelora Bung Tomo), dan Solo (Manahan). Inspeksi akan berlangsung mulai 28 Juli sampai 2 Agustus 2023.

Dito berkata, untuk saat ini hasil inspeksi JIS itu belum ada. Meski FIFA sudah melakukan inspeksi, hasilnya akan diumumkan ketika otoritas sepak bola dunia tersebut tuntas menginspeksi semua calon venue Piala Dunia U-17 2023.

"Akhirnya FIFA inspeksi stadion yang berpotensi jadi opsi venue Piala Dunia U-17 2023. Jadi kalau hasilnya ini (hasil inspeksi) belum ada, karena ini menunggu setelah inspeksi seluruh stadion yang akan digunakan di (Piala Dunia) U-17," kata Dito.

Baca Juga: PSSI Ajukan 8 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023, Termasuk JIS

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya