Sambut Piala Asia, Timnas Indonesia TC di Luar Negeri Selama 3 Minggu

Akan TC di mana lagi Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Jelang Piala Asia 2023, Timnas Indonesia kembali akan menggelar pemusatan latihan (TC). Tempat dari TC ini sudah dijabarkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Erick memastikan, skuad Garuda tidak akan melakoni TC di dalam negeri jelang Piala Asia 2023. Dia menyebut, Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan di luar negeri. Namun, dia belum mengumumkan negara mana yang akan dituju.

"Rencananya untuk Piala Asia di Januari itu kita akan ada training camp kurang lebih tiga minggu, yang dimulai tanggal 20 Desember. Di sebuah negara, belum bisa saya umumkan," kata Erick dalam jumpa pers di Stadion Manahan, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Lionel Scaloni Ajak Lionel Messi untuk Hadapi Timnas Indonesia

1. Timnas Indonesia memang memerlukan TC

Sambut Piala Asia, Timnas Indonesia TC di Luar Negeri Selama 3 MingguIDN Times/Debbie Sutrisno

Erick mengaku, skuad Timnas Indonesia memang membutuhkan TC. Hal itu semata agar skuad Garuda lebih mantap dan ciamik saat bertanding, apalagi ketika mereka melakoni laga-laga penting, semisal FIFA Matchday.

"Lalu di beberapa FIFA Matchday pun 1-2 hari Timnas ini latihan untuk mulai main, karena jangan sampai Timnas kita kalahan," ujar Erick.

Baca Juga: Petuah Roberto Carlos buat Calon Pemain Timnas Indonesia U-16

2. Timnas Indonesia akan rutin mentas di FIFA Matchday

Sambut Piala Asia, Timnas Indonesia TC di Luar Negeri Selama 3 MingguTimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Sebelumnya, PSSI memang menggaungkan bahwa Timnas Indonesia akan rutin mentas di FIFA Matchday. Selain untuk menaikkan peringkat FIFA, laga ini akan dimanfaatkan untuk mencari pengalaman di laga internasional.

Terdekat, pada 14 Juni dan 19 Juni, sudah ada dua lawan yang menanti Timnas Indonesia. Pertama, ada Palestina yang akan jadi lawan pada 14 Juni, selanjutnya giliran Argentina yang datang pada 19 Juni 2023.

Baca Juga: PSSI Tunjuk Stadion Manahan Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U-23

3. Piala Asia 2023 dihelat awal 2024

Sambut Piala Asia, Timnas Indonesia TC di Luar Negeri Selama 3 MingguTimnas Indonesia saat kalahkan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022). (dok. PSSI)

Gelaran Piala Asia 2023 akan dihelat di Qatar, pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Awalnya, ajang ini akan dihelat di China pada 16 Juni hingga 26 Juli, tetapi batal karena China menarik diri sebagai tuan rumah.

Di Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia tergabung di grup berat. Mereka masuk Grup D bersama sesama negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam, serta dua negara eks juara Piala Asia, yakni Irak dan Jepang.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya