Comscore Tracker

TC Timnas U-16 di Sleman, Tidak Ada Nama Valeroen

Valeroen tidak diikutsertakan di TC Timnas U-16 kali ini

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 mulai menggelar kembali pemusatan latihan (TC) untuk menyambut gelaran Piala AFC U-16. Kali ini, TC diikuti oleh 26 pemain dan bakal dilangsungkan di Sleman, Yogyakarta, mulai tanggal 6-23 Desember 2023.

Secara khusus, pelatih Timnas U-16, Bima Sakti, berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya TC ini. Ia pun meminta semua pihak agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan, apalagi wabah COVID-19 belum kunjung mereda.

"Tentunya, sebelum mendatangkan pemain dari daerah masing-masing, diinstruksikan bahwa setiap pemain dan ofisial harus menjalani tes swab PCR sebelum tiba di Sleman, hal ini sebagai bagian dari protokol kesehatan yang harus selalu dipatuhi,” kata Bima, dilansir situs resmi PSSI.

1. Bima panggil beberapa pemain baru

TC Timnas U-16 di Sleman, Tidak Ada Nama ValeroenPelatih TImnas U-16, Bima Sakti (Dok. PSSI)

Pada TC Desember ini, Bima mengaku memanggil beberapa pemain baru. Namun, sebagian besar pemain yang turut dalam TC ini merupakan pemain yang juga ikut serta dalam TC November di Stadion Pakansari.

"Ada beberapa pemain baru yang saya panggil pada pemusatan latihan kali ini karena tentunya ada penilaian tersendiri akan kemampuan mereka di lapangan," ujar Bima.

"Kami akan melihat bagaimana para pemain ini menerapkan instruksi saat latihan, itu nanti menjadi poin penilaian kami dari tim pelatih, meski kerangka tim sudah ada, namun tak menutup kemungkinan, akan ada seleksi lagi, jadi di sini saya harap mereka bisa berkompetisi dengan sehat,” tambahnya.

Baca Juga: Ketahuan Dugem, Pemain Timnas U-19 Dipesantrenkan

2. Tidak ada nama Muhammad Valeroen

TC Timnas U-16 di Sleman, Tidak Ada Nama ValeroenPemain-pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Dari 26 nama yang ikut dalam TC Desember di Sleman ini, tidak ada nama Muhammad Valeroen. Ketidakhadiran Valeroen ini tentu menimbulkan tanya, apa yang sebenarnya terjadi?

Pelatih Persib U-16, Imam Nurjaman, mengungkapkan bahwa tidak disertakannya Valeroen dalam skuat Timnas U-16 dalam TC Desember ini adalah hal lumrah. Di Timnas, yang namanya promosi dan degradasi sudah bukan jadi barang baru.

"Pada dasarnya, di dalam sepak bola pemain bisa datang dan pergi. Bahkan hingga kembali pun adalah hal yang biasa. Yang terpenting sekarang bagaimana Valeroen mengevaluasi diri dan memperbaikinya," ujar Imam, dilansir situs resmi Persib.

"Untuk Valeroen, dia harus terus semangat, karena ini modal dalam meningkatkan lagi kemampuannya. Dia juga harus punya keinginan untuk kembali lagi ke timnas. Tapi sebelum itu, tentunya dia tetap punya tempat di Persib," tambahnya.

3. Bima berharap adanya peningkatan selepas TC Timnas U-16

TC Timnas U-16 di Sleman, Tidak Ada Nama ValeroenArkhan Fikri, pemain Timnas U-16 (Dok. PSSI)

Dari TC Desember ini, Bima mengharapkan satu hal, yaitu perbaikan. Ia ingin pada akhir Desember nanti, sudah ada peningkatan performa yang diperlihatkan oleh anak asuhnya, terutama dari sisi pertahanan.

"Hampir sama di setiap pemusatan latihan, kami akan terus memberikan materi latihan fisik (ini yang harus setiap waktu dijaga) saat ini, Alhamdulillah, fisik para pemain semakin meningkat," tutur Bima.

"Semoga saja bisa lebih baik lagi dan yang pasti sampai saat ini koordinasi masih kurang, terutama barisan bertahan, dimana mereka harus sejajar, harus drop back saat lawan melakukan long pass direct,” lanjutnya.

TC ini nanti menjadi rangkaian persiapan skuat Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16. Rencananya, ajang ini akan berlangsung di Bahrain, 2021 mendatang.

Indonesia merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tampil di ajang ini. Timnas U-16 tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan Cina.

Berikut adalah daftar 26 pemain Timnas U-16 yang mengikuti TC di Sleman, Yogyakarta

1. I Made Putra Kaicen - Bali United (Kiper)
2. Muhammad Raufa Aghastya - Persib Bandung (Kiper)
3. Raka Octa Bernanda - PSS Sleman (Kiper)
4. Alexandro Felix Kamuru - Barito Putera (Bek)
5. Ferre Murarri - Bhayangkara FC (Bek)
6. Kadek Arel Priyatna - Bali United (Bek)
7. Marcell Januar Putra - Bali United (Bek)
8. Mikael Alfredo Tata - Waana Bintuka FC (Bek)
9. Mochammad Aditya Rangga Saputra - Persebaya Surabaya (Bek)
10. Muhammad Tezar Briantama - SSB Asiop Jakarta (Bek)
11. Jovan Adestya – PSS Sleman
12. Aditiya Daffa Al Haqi - Barito Putera (Gelandang)
13. Fidelis Davin Dhaniswara – PSS Sleman
14. Arkhan Fikri - Barito Putera (Gelandang)
15. Diandra Diaz Dewari - Persib Bandung (Gelandang)
16. Dimas Juliono Pamungkas - Persib Bandung (Gelandang)
17. Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya (Gelandang)
18. Mochammad Faizal Syaifullah - Persela Lamongan (Gelandang)
19. Muhammad Rafly Ikram Selang - SSB Cipta Cendikia (Gelandang)
20. Raka Cahyana Rizky - Persija Jakarta (Gelandang)
21. Resa Aditya Nugraha - Persija Jakarta (Gelandang)
22. Sandy Kusuma Triandy - SSB New Star Salam (Gelandang)
23. Victor Jonson Benjamin Dethan – PSM Makassar
24. Lugas Satrya Pratama - SSB Gasliko (Depan)
25. Ronaldo Joybera Kwateh - Persib Bandung (Depan)
26. Farhan Arif Musthofa – PSS Sleman

Baca Juga: Bhayangkara Solo FC Pecat Serdy Ephy Fano

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya