Timnas Indonesia Buka Peluang Lawan Jerman di FIFA Matchday

Timnas Indonesia akan dibiasakan lawan tim besar

Jakarta, IDN Times - Setelah Argentina, tampaknya dalam beberapa waktu ke depan Timnas Indonesia akan bersua lagi tim kuat. Tidak tanggung-tanggung, skuad Garuda buka peluang melawan juara Piala Dunia 2014, Jerman di FIFA Matchday.

"Kemarin kita sudah mengobrol sama Jerman, kapan nih bisa main, oh oke. Karena dia tahu kita mengundang Argentina, jadi mengundang mereka lebih gampang," ujar Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa (25/7/2023).

1. Portugal dan Maroko nanti dulu

Timnas Indonesia Buka Peluang Lawan Jerman di FIFA MatchdayPemain Kroasia, Marcelo Brozovic, merebut bola dari pemain Kroasia dalam laga Grup F Piala Dunia 2022. (Twitter/@FIFAWorldCup)

Arya juga mengungkapkan, selain Jerman, ada potensi Indonesia mengundang Portugal atau Maroko untuk bertarung di FIFA Matchday. Namun, dia tidak mau berandai-andai terlebih dahulu.

"Belum tahu kalau itu (lawan Portugal dan Maroko). Nanti kalau Portugal tiba-tiba (Cristiano) Ronaldo tidak ada, ribut lagi," ujar Arya.

Baca Juga: PSSI Mau Undang Portugal dan Brasil di FIFA Matchday

2. Dana jadi pertimbangan gelar FIFA Matchday

Timnas Indonesia Buka Peluang Lawan Jerman di FIFA MatchdayExco PSSI, Arya Sinulingga. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Arya juga mengungkapkan, ada pertimbangan dana yang dipikirkan PSSI, ketika akan menggelar FIFA Matchday. Menurutnya, pendanaan untuk sepak bola, di luar ajang macam SEA Games dan Asian Games, terbilang besar.

"Tidak ada APBN menyumbang kita, kecuali kalau ada kejuaraan kayak SEA Games. Di luar itu, kami usaha sendiri. PSSI ini harus sehat keuangannya dan Timnas harus diberdayakan sehingga kualitasnya akan lebih baik," kata Arya.

3. PSSI akan membiasakan Indonesia lawan tim besar

Timnas Indonesia Buka Peluang Lawan Jerman di FIFA MatchdaySkuad Argentina berlatih di GBK jelang lawan Timnas Indonesia. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku, dia sudah mengontak beberapa negara besar dunia untuk melawan Indonesia. Tercatat, ada Maroko, Brasil, hingga Portugal yang sudah dihubungi sosok yang juga Menteri BUMN itu.

"Tahun depan kita alokasikan (Timnas Indonesia lawan tim besar), saya sudah kontak beberapa negara seperti Maroko, Brasil, Portugal, Jerman, dan mereka semua memberikan respons positif," ujar Erick di Gelora Bung Karno, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: Timnas Maroko Pernah Kalah dari Timnas Indonesia, tapi Itu Dulu!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya