Timnas Indonesia Tak Akan Mudik Sampai Piala Asia 2023

Usai TC di Turki, Timnas Indonesia langsung ke Qatar

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia mulai bersiap jelang Piala Asia 2023. Terdekat, mereka akan segera bertolak ke Turki, untuk melakoni pemusatan latihan dengan membawa 29 pemain.

Persiapan Indonesia terbilang panjang untuk gelaran Piala Asia 2023 nanti. Wajar memang, karena lawan-lawan berat sudah menanti skuad Garuda di ajang tersebut. Seperti apa rencana persiapan anak-anak asuh Shin Tae Yong itu?

1. Selama TC, skuad Garuda tak akan mudik ke Indonesia

Timnas Indonesia Tak Akan Mudik Sampai Piala Asia 2023Exco PSSI, Sumardji saat menghadiri latihan perdana Timnas U-23, Kamis (10/8/2023). (IDN Times/Tino)

Dilansir situs resmi federasi, Timnas Indonesia akan melakoni TC di Turki pada 20 Desember hingga 6 Januari 2023. Setelah itu, mereka akan langsung beranjak ke Qatar untuk mempersiapkan diri jelang Piala Asia 2023 yang akan dimulai 12 Januari.

Ini berarti, para pemain skuad Garuda tidak memiliki kesempatan mudik ke Indonesia. Sebab, dari Turki, mereka langsung bertolak ke Qatar. Mereka juga akan melewatkan perayaan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

Baca Juga: Shin Tae Yong Panggil 29 Pemain Timnas untuk TC di Turki, Ada Hubner

2. Lawan-lawan uji coba sudah ditentukan

Timnas Indonesia Tak Akan Mudik Sampai Piala Asia 2023Timnas Indonesia lawan Irak. (Dok. PSSI)

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyebut, Timnas Indonesia sudah menentukan lawan-lawan uji coba selama TC nanti. Dipastikan, mereka akan bersua Iran, salah satu tim kuat di sepak bola Asia.

"Mereka akan menjalani beberapa rangkaian uji coba, pada tanggal 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya di Antalya, kemudian di tanggal 9 Januuari melawan Iran di Qatar, di lapangan latihan Iran, pukul 20.30," ujar Sumardji.

Baca Juga: Shin Tae Yong Senang Pratama Arhan Cabut dari Tokyo Verdy

3. Timnas Indonesia berkekuatan 29 pemain di TC Turki

Timnas Indonesia Tak Akan Mudik Sampai Piala Asia 2023Timnas Indonesia latihan di lapangan vinyl jelang lawan Brunei. (pssi.org).

Skuad Indonesia sendiri berkekuatan 29 pemain di TC Turki ini. Dari 29 nama ini, nantinya enam pemain akan dicoret, dan hanya 23 pemain yang akan dibawa ke Qatar untuk menjalani Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Di babak grup, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama lawan-lawan berat, yakni Vietnam, Irak, dan Jepang.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya