Timnas U-17 Raih Hasil Imbang Lagi di Piala Dunia U-17 2023

Hasil imbang kedua yang didapat skuad Garuda Asia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 meraih hasil imbang kembali dalam laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023. Bersua Panama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (13/11/2023) malam WIB, Timnas U-17 bermain imbang 1-1.

Gol-gol dalam laga ini dicetak Arkhan Kaka ('54) bagi Indonesia, serta Oldemar Castillo (45+3') untuk Panama. Ini jadi hasil imbang kedua yang didapat skuad Garuda Asia dalam ajang Piala Dunia U-17 2023.

Di awal-awal babak pertama, intensitas laga belum terlalu tinggi. Tampak para pemain Timnas U-17 Indonesia dan Panama masih saling memantau permainan masing-masing. Barulah pada menit 15 laga, kedua tim menggeliat.

Panama perlahan-lahan mulai menguasai permainan. Para pemain tengah mereka, dikomandoi oleh Oldemar Castillo, sukses memberikan tekanan bagi para pemain Indonesia. Alhasil, Indonesia kesulitan mengembangkan permainan.

Di sisi lain, Indonesia sulit melepaskan diri dari tekanan Panama lantaran umpan-umpan yang kurang apik. Para pemain bertahan kesusahan mengalirkan bola, karena setiap umpan mereka acap dipotong oleh para pemain Panama.

Buntutnya, sepanjang babak pertama, Panama tampil dominan. Mereka dengan leluasa membombardir lini pertahanan Indonesia, dengan aliran-aliran bola yang lebih rapi. Gol pun sukses mereka cetak jelang babak pertama usai.

Pada menit 45+3, Castillo mendribel bola sendirian ke lini pertahanan Timnas U-17. Meski diadang oleh beberapa pemain Timnas U-17, dia sukses menceploskan bola ke gawang Ikram. Skor berubah 1-0 dan bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Indonesia melakukan beberapa perubahan. Mereka memasukkan Achmad Zidan, Hanif Ramadhan, Amar Brkic, dan Nabil Asyura. Masuknya para pemain ini membawa perubahan bagi Indonesia. Mereka mulai bisa keluar menekan.

Hasilnya pun tercipta pada menit 54. Berawal dari umpan apik Welber Jardim, Arkhan Kaka membobol gawang Panama lewat sundulannya. Skor berubah 1-1, dan hal ini membawa angin tersendiri bagi Timnas Indonesia U-17.

Panama tidak tinggal diam. Untuk mengubah alur permainan, mereka memasukkan Aldair Marta, Joshua Grant, dan tentunya Kevin Walder. Masuknya para pemain ini membuat mereka kembali mengimbangi permainan Indonesia.

Berbeda dengan babak pertama, babak kedua ini berjalan relatif lebih seimbang. Panama dan Indonesia silih berganti melepaskan serangan. Tak ada lagi yang kelewat dominan laiknya di babak pertama.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, Timnas U-17 Indonesia mampu memasuki kotak penalti Panama. Sayang, usaha-usaha yang didapat Arkhan Kaka dan kolega ini belum membuahkan hasil. Lini pertahanan Panama masih sigap.

Di akhir babak kedua, Timnas U-17 masih mencari gol yang bisa membawa mereka unggul. Hanif Ramadhan sempat mendapatkan peluang emas. Sayang, sepakannya terlalu lemah dan mudah diantisipasi oleh kiper Panama.

Sampai babak kedua tuntas, tak ada gol yang tercipta bagi Timnas U-17 dan Panama. Skor 1-1 menjadi penanda akhir laga, dan menjadi hasil imbang kedua yang didapat skuad Garuda Asia di Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga: Line Up Timnas U-17 vs Panama, Amar Brkic Masih Cadangan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya