Timnas U-20 Curi Start Demi Bisa Tembus Piala Dunia 2025

Indra Sjafri akan segera bergerilya cari pemain

Jakarta, IDN Times - Indonesia memang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025. Akan tetapi, bukan berarti peluang untuk tampil di ajang itu tertutup karena Indonesia bisa lolos lewat jalur kualifikasi.

Demi bisa tampil, pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri, segera menyiapkan tim. Dia mau gerilya sejak dini demi bisa membentuk tim.

"Segera, segera akan persiapan. Ya, dalam pekan ini akan dirilis. Jadi, persiapan perdana Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Dunia U-20 2025," ujar Indra di Kemenpora, Selasa (19/12/2023).

1. Belum ada gambaran pemain

Timnas U-20 Curi Start Demi Bisa Tembus Piala Dunia 2025Timnas Indonesia U-17 dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023 (dok.PSSI)

Indra mengaku, saat ini dia belum memiliki gambaran mengenai pemain yang akan membela Timnas U-20 nantinya. Namun, dia memastikan para pemain yang akan bergabung nanti adalah para pemain yang terbaik.

"Gambaran pemain tentu belum ada, karena tim belum terbentuk. Tapi, secara umum pasti saya akan cari yang terbaik, secara spesifik. Ya, nanti sambil berjalan lah," kata Indra.

Baca Juga: Alasan Pratama Arhan Rutin Bela Timnas meski Jarang Main di Klub

2. Pemain Timnas U-17 berpotensi terpilih

Timnas U-20 Curi Start Demi Bisa Tembus Piala Dunia 2025Sesi foto Timnas U-17 jelang duel melawan Ekuador dalam laga pertama mereka di Grup A Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Indra berujar, untuk skuad Timnas U-20 nanti, ada garansi para pemain Timnas U-17 yang mentas di Piala Dunia U-17 2023 nanti akan terpilih. Nantinya, para pemain ini akan dikombinasikan dengan hasil pantauan PSSI.

"Siapa yang terbaik di Timnas U-17, saya garansi pasti terpilih. Jadi, kalau menanyakan sumbernya, itu ya pemain-pemain di seluruh Indonesia," ujar Indra.

3. Para pemain diaspora juga dapat kesempatan

Timnas U-20 Curi Start Demi Bisa Tembus Piala Dunia 2025Amar Rayhan Brkic, diaspora baru di Timnas U-17. (Dok. PSSI)

Selain yang di dalam negeri, Indra mengungkapkan bahwa para pemain diaspora juga berpotensi masuk Timnas U-20. Itu berarti, Welber Jardim, Amar Brkic, dan lainnya berpeluang terpilih.

"Selain pemain yang ada di Indonesia, para warga negara Indonesia yang ada di luar negeri akan kami beri kesempatan karena tim nasional, termasuk Timnas U-20, harus menunjukkan ke-Indonesia-annya," kata Indra.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya