Total 15 VAR Dipakai di Liga 1, Bagaimana Penempatannya?

Ruangan VAR kemungkinan ada di tiga kota

Jakarta, IDN Times - Public Relations PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sabina Katya, mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan 15 VAR untuk gelaran Liga 1 2023/24 nanti.

"Sekarang kita ada 15 VAR, 12-nya mobile. Tiganya itu nanti masih mungkin akan ditempatkan di Solo, Bali, dan Bandung. Tetapi semua masih kemungkinan. Intinya tiga kota itu (yang ada ruangan VAR di stadion)," kata Sabina di Jakarta,. Rabu (6/12/2023).

Baca Juga: LIB Sebut Investasi VAR di Liga 1 Lebih dari Rp100 Miliar

1. Menghabiskan biaya Rp100 miliar

Total 15 VAR Dipakai di Liga 1, Bagaimana Penempatannya?Teknologi VAR di Stadion Manahan, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Budiman Dalimunthe, mengatakan, investasi VAR untuk Liga 1 menelan dana yang tidak sedikit. Dana untuk teknologi itu mencapai Rp100 miliar lebih.

"Sudah disampaikan sebenarnya, angkanya sekian. Tapi karena sudah disebutkan, ya, okelah, 100 lebih angkanya, bukan rupiah tapi juta dolar (Rp100 miliar lebih). Investasi kami untuk sepak bola tidak main-main," kata Budiman.

Baca Juga: Jalan Panjang Wasit Indonesia Jadi Operator VAR di Liga 1

2. Wasit VAR bisa jadi dari luar negeri

Total 15 VAR Dipakai di Liga 1, Bagaimana Penempatannya?Wasit melihat VAR saat laga Mali vs Uzbekistan. (IDN Times/Larasati Rey)

Adapun untuk wasit VAR sendiri, tidak menutup kemungkinan berasal dari luar negeri. Pasalnya, saat ini belum ada wasit Indonesia yang memiliki lisensi VAR. Itu terbukti saat Piala Dunia U-17 2023 lalu.

Meski begitu, PT LIB dan PSSI mengupayakan agar wasit Indonesia bisa dapat lisensi VAR. Mereka harus memenuhi kriteria yang ditetapkan FIFA. Alhasil, pelatihan pun masih digodok sampai sekarang.

Baca Juga: Erick Thohir Ultimatum Wasit Liga 1 dan Liga 2

3. Pelatihan VAR Liga 1 masuk tahap RO

Total 15 VAR Dipakai di Liga 1, Bagaimana Penempatannya?premierleague.com

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, mengatakan, saat ini pelatihan VAR berlanjut ke petugas RO (Replay Operator) setelah pelatihan untuk wasit dan asisten wasit tuntas. Pelatihan ini, kata dia, sangat penting.

"Dalam penerapannya, fungsi RO akan sangat menentukan. Karena itu pelatihan untuk RO mutlak diperlukan. Kami akan terus berproses dan direncanakan pada BRI Liga 1 2023/24 pekan ke-24, akan diterapkan VAR,” ujar Asep.

Baca Juga: LIB Luncurkan Liga Fan ID, Mudahkan Tracking Oknum di Liga 2

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya