Tumbang, Timnas Futsal Indonesia Gagal ke Piala Asia 2024

Timnas Futsal Indonesia gagal ulangi capaian 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Futsal Indonesia dipastikan gagal mengulang sejarah laiknya 2022 lalu. Bertanding di Kualifikasi Piala Asia 2024, mereka urung finis sebagai dua tim teratas di Grup B.

Kepastian itu didapat setelah dalam laga terakhir fase grup lawan Arab Saudi, Rabu (11/10/2023), Evan Soumilena dan kawan-kawan kalah dengan skor tipis 2-3. Kekalahan ini memupuskan langkah Indonesia ke putaran final.

1. Sempat menggebrak di awal kualifikasi

Tumbang, Timnas Futsal Indonesia Gagal ke Piala Asia 2024Timnas Futsal Indonesia saat tampil di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Di awal kualifikasi, Indonesia sempat menggebrak. Menghadapi Makau, mereka menang dengan skor telak 12-0. Ardiansyah Runtuboy mencetak dua gol. Syauqi Saud dan Evan masing-masing menorehkan trigol.

Namun, saat bersua Afghanistan, gebrakan mereka sempat terhenti. Sebab, mereka bermain ketat melawan Hossein Poor dan kolega, dan harus puas mengakhiri laga dengan skor 7-7. Penentuan pun ada di laga lawan Arab Saudi.

Baca Juga: Marcos Soratos Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Futsal

2. Lengah di babak pertama

Tumbang, Timnas Futsal Indonesia Gagal ke Piala Asia 2024Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Bersua Arab Saudi yang berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia lengah di babak pertama. Tiga gol sukses dicetak Arab Saudi di babak ini via Fares Fahad, Farhan Ali Al Asmari, serta Nawaf Almubarak.

Memasuki babak kedua, Indonesia meningkatkan intensitas permainan. Dua gol sukses dicetak via Runtuboy dan Firman Adriansyah. Namun, kesulitan dihadapi Indonesia lantaran kekurangan satu pemain usai Samuel Eko mengantongi dua kartu kuning.

Situasi sulit ini membuat Indonesia gagal menyamakan angka hingga laga tuntas. Skuad Garuda kalah 2-3 dan harus puas mengisi posisi ketiga klasemen akhir Grup B Kualifikasi Piala Asia 2024.

3. Ketiga kalinya gagal ke putaran final

Tumbang, Timnas Futsal Indonesia Gagal ke Piala Asia 2024Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Bagi Indonesia, ini jadi kali ketiga mereka gagal lolos ke putaran final Piala Asia Futsal. Hal serupa pernah terjadi pada 2007 dan 2018 silam, saat ajang ini dihelat di Jepang dan Taiwan.

Dengan begini, Timnas Futsal Indonesia pun gagal mengulangi capaian apik di Piala Asia 2022 lalu. Ketika itu, mereka sukses lolos ke babak perempat final. Kini, di Piala Asia 2024, skuad Garuda hanya akan jadi penonton saja.

Baca Juga: Profil Evan Soumilena, Pemain Futsal Andal Milik Black Steel

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya