Victor Osimhen Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2023, Pantas!

Victor Osimhen memang ciamik sepanjang 2023 ini

Jakarta, IDN Times - Afrika jadi salah satu tempat di mana para talenta sepak bola bermekaran. Salah satu dari talenta yang kini mulai mendapat pengakuan itu adalah Victor Osimhen. Terbaru, dia dinobatkan jadi Pemain Terbaik Afrika 2023.

Dalam acara penghargaan yang dihelat di Marrakesh, Maroko, Selasa (12/12/2023) dini hari WIB, Osimhen berhasil mengungguli Achraf Hakimi (Maroko) dan Mohamed Salah (Mesir) yang juga menjadi nominator.

Tidak cuma itu, Osimhen juga jadi orang Nigeria pertama yang berhasil menjadi Pemain Terbaik Afrika dalam kurun 24 tahun. Terakhir kali, pemain Nigeria yang berhasil meraih gelar ini adalah Nwankwo Kanu, tepatnya pada 1999.

Khusus 2023, Osimhen memang layak meraih penghargaan tersebut. Sebab, dia sudah melakukan hal yang luar biasa di Eropa sepanjang 2023.

1. Osimhen bawa Napoli juara Serie A

Victor Osimhen Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2023, Pantas!Napoli juara Serie A. (ANTARA FOTO/Reuters/Jennifer Lorenzini)

Salah satu sebab Osimhen meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2023, lantaran sukses mengantar Napoli menjuarai Serie A pada 2022/23 lalu. Dia berhasil mencetak 26 gol dalam 32 laga di kompetisi tersebut.

Bagi Napoli, ini adalah capaian besar. Setelah 33 tahun menanti, mereka akhirnya bisa menggamit gelar Serie A. Terakhir, mereka mampu juara ketika masih diperkuat Diego Armando Maradona, yaitu pada era 80an sampai 90an.

Selain membawa Napoli apik di Serie A, Osimhen juga turut membawa Napoli melangkah ke perempat final Liga Champions 2022/23. Total, dia mencetak lima gol dari enam penampilan di ajang tersebut.

Baca Juga: Victor Osimhen Mau ke Liverpool atau Bertahan di Napoli?

2. Penampilan yang konsisten sepanjang 2023

Victor Osimhen Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2023, Pantas!Victor Osimhen (football-italia.net)

Secara penampilan, Osimhen juga terbilang konsisten di 2023. Setelah musim 2022/23 tuntas, dia tetap produktif bersama Napoli di 2023/24. Padahal, dia sempat diterpa isu kurang sedap bersama Rudi Garcia.

Sejauh ini, Osimhen sudah mencetak enam gol dari 11 penampilan bersama Napoli di Serie A 2023/24. Osimhen masih jadi andalan di lini depan Napoli, kendati timnya masih terseok-seok di papan tengah klasemen saat ini.

3. Osimhen sempurnakan capaian Nigeria

Victor Osimhen Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2023, Pantas!potret Victor Osimhen (2anews.it)

Capaian Osimhen menyempurnakan torehan Nigeria di Pemain Terbaik Afrika 2023. Sebab, di kategori putri, pemain Nigeria juga meraih hal serupa via Asisat Oshoala. Dia mengungguli Thembi Kgatlana dan Barbra Banda.

Osimhen masih muda. Tetapi, potensi yang sudah dia tonjolkan, terutama selepas Piala Dunia U-17 2015 silam, plus saat dia bersama Napoli, membuatnya layak untuk meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2023 ini.

Baca Juga: Liverpool Mulai Pantau Jagoan Napoli Victor Osimhen!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya