3 Duel Kunci El Clasico Barcelona vs Real Madrid

El Clasico jilid 1 di musim ini akan berlangsung seru

Jakarta, IDN Times - Partai keras akan tersaji di Estadio Olimpic Lluis Companys, saat Barcelona menjamu musuh bebuyutannya, Real Madrid, dalam duel bertajuk El Clasico, Sabtu (28/10/2023). Ini akan menjadi salah satu jembatan bagi kedua tim dalam perburuan gelar juara LaLiga musim 2023/24.

Hingga jornada 10, jarak antara Barcelona dengan Madrid masih tipis. Keduanya cuma berselisih satu poin di papan atas klasemen LaLiga.

Maka dari itu, hasil yang muncul di El Clasico nanti akan sangat menentukan. Nah, hasil ini juga ditentukan dalam tiga duel penting yang akan tersaji di laga nanti.

Apa saja? Berikut IDN Times sajikan seperti dikutip LaLiga Content Hub

Baca Juga: Wonderkid Barcelona Bisa Pecahkan Rekor 82 Tahun El Clasico

1. Joao Cancelo versus Vinicius Junior

3 Duel Kunci El Clasico Barcelona vs Real Madrid90min.com

Duel ketat akan tersaji di sisi sayap saat Joao Cancelo harus berhadapan dengan Vinicius Junior. Pastinya menarik, karena ketangguhan Cancelo sebagai salah satu bek sayap terbaik Eropa sekarang, akan diuji Vini.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, sempat mengklaim Vini sebagai winger terbaik dunia saat ini. Tapi, ujian berat akan dihadapi Vini nanti, karena Cancelo merupakan bek teraktif serta paling sering menghentikan pemain sayap lawan.

Buktinya, dia menjadi pemain yang paling sering melepaskan tekel di setiap laga LaLiga dengan rataan 3,7 per 90 menit.

2. Perang sektor tengah

3 Duel Kunci El Clasico Barcelona vs Real MadridPablo Gavi (fcbarcelona.com)

Lini tengah Barcelona dan Madrid juga sedang dalam sorotan. Keduanya saat ini sedang dimotori sejumlah pemain muda.

Kehadiran Jude Bellingham tentu menjadi sorotan di skuad Los Blancos. Karena Bellingham, Madrid menjadi lebih produktif lini tengahnya. Menariknya, Bellingham malah menjadi pemuncak klasemen sementara El Pichichi dengan koleksi delapan golnya.

Bergeser ke Barcelona, susunannya juga tak kalah mengerikan. Kombinasi Gavi, Pedri, dan Frenkie de Jong, membuat sektor gelandang Barcelona begitu kreatif.

Pun, mereka mampu membuat Barcelona mencetak penguasaan bola hingga 69,3 persen. Ini merupakan persentase tertinggi di LaLiga sampai jornada 10.

Situasi Barcelona dan Madrid juga serupa ketika ingin mendapatkan dimensi pengalaman. Kalau mau dapat sentuhan berbeda lewat pengalaman, Madrid bisa menggunakan Luka Modric serta Toni Kroos. Sementara, Barcelona bisa memanfaatkan Ilkay Guendogan atau Oriol Romeu.

3. Adu cerdas Xavi dan Ancelotti

3 Duel Kunci El Clasico Barcelona vs Real MadridXavi Hernandez berlatih bersama Barcelona (dok.LaLiga)

Adu cerdas antara Xavi Hernandez dan Ancelotti di belakang layar juga akan menjadi pusat perhatian. Ini merupakan pertemuan ke-8 keduanya di level kompetitif.

Menariknya, dari tujuh pertemuan sebelumnya, tak ada hasil imbang yang muncul. Xavi masih unggul atas Ancelotti, karena menang empat kali.

Gaya yang berbeda di antara keduanya tentu akan menjadi sangat menarik. Apalagi, Xavi selalu berani bereksperimen di dalam skuadnya ketika jumpa Ancelotti.

Nah, kali ini siapa yang menang ya?

Baca Juga: Jubah Tempur Khusus Barcelona di El Clasico: The Rolling Stones Mejeng

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya