Comscore Tracker

Arjen Robben, Si Jagoan Gocekan Melipir Akhirnya Pensiun

Ini jadi pensiun kedua buat Robben

Jakarta, IDN Times - Winger Belanda, Arjen Robben, memutuskan untuk pensiun. Robben gantung sepatu di usianya yang menyentuh 37 tahun.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Robben mengumumkan pensiun. Dia sempat memutuskan untuk mengakhiri kariernya di akhir musim 2018/19, saat usianya menginjak 35 tahun.

Namun, pada awal musim 2020/21, Robben memutuskan comeback ke lapangan hijau demi membantu klubnya, Groningen, keluar dari krisis akibat pandemi COVID-19.

1. Comeback yang tak mulus

Sebenarnya, comeback Robben tak berjalan mulus. Dia kerap dihantam cedera sejak awal musim.

Sejak awal, Robben memang tak terlalu yakin bisa mengemban tugas berat seperti ini. Hingga akhirnya, dia memutuskan pensiun secara total.

"Teman-teman yang saya hormati, akhirnya karier sepak bola ini harus terhenti. Pilihan sulit. Saya mau berterima kasih atas dukungan Anda semua yang begitu hangat," cuit Robben di akun twitternya @ArjenRobben.

Baca Juga: Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat Pensiun

2. Manusia Kaca bergelimang trofi

Arjen Robben, Si Jagoan Gocekan Melipir Akhirnya Pensiunthesun.co.uk

Robben bukan pemain sembarangan. Berjuluk manusia kaca karena sering cedera, dia menggondol 20 trofi sepanjang karier profesionalnya.

Paling banyak diraih Robben saat berseragam Bayern Munich. Bersama Die Roten, Robben mampu menyabet delapan gelar Bundesliga, lima trofi DFB Pokal, dan satu mahkota Liga Champions.

3. Penganut filosofi Bruce Lee, tapi jago gocekan melipir

Gaya main Robben terbilang stylish. Tapi, dia bisa dianggap monoton karena cuma punya satu jurus, yakni melakukan cut in dari sisi kanan dan melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kirinya.

Robben memang penganut filosofi Bruce Lee yang menyebutkan, "lebih baik melatih satu teknik tendangan, ketimbang mempelajari 100 lainnya secara bersamaan".

Terbukti, filosofi itu mengantarkan Robben sebagai ahli cut in. Kalau sudah bergerak seperti itu, pasti Robben dapat celah buat mencetak gol.

Baca Juga: [BREAKING] Setelah 18 Tahun, Arjen Robben Akhirnya Pulang ke Groningen!

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya