Larangan Buat Timnas U-17 Selama Piala Dunia, dari Medsos Hingga Game

Penggunaan handphone memang dibatasi oleh manajemen tim

Jakarta, IDN Times - Aturan ketat diberlakukan untuk Timnas Indonesia U-17 sepanjang persiapan dan mengarungi Piala Dunia U-17 2023. Mereka dijauhkan dari aktivitas di dunia maya agar fokusnya terjaga.

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, menegaskan kebijakan ini telah disepakati semua pihak, mulai dari pelatih, pemain, hingga manajemen PSSI. Itu karena penggunaan media sosial dianggap bisa membuat konsentrasi para pemain terganggu.

"Pemain juga butuh istirahat. Berselancar terus di medsos, main handphone, bikin lama tidurnya. Mereka kan butuh istirahat," kata Zainudin saat ditemui di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Kamis (9/11/2023).

1. Harus fokus jangan terdistraksi

Larangan Buat Timnas U-17 Selama Piala Dunia, dari Medsos Hingga GameTimnas U-17 berlatih di Surabaya. (dok. PSSI)

Bukan hanya media sosial, game online juga dibatasi penggunaannya. Seluruh manajemen tim sepakat kalau game online merupakan salah satu yang harus dibatasi penggunaannya karena bisa bikin pemain lupa waktu.

"Kan mau main sepak bola, mentalnya juga harus dijaga. Saya temani mereka tidur, sejak masa persiapan juga. Biar terpantau," ujar Zainudin.

Baca Juga: Timnas U-17 Punya Peluang Lolos Fase Gugur Piala Dunia U-17

2. Jangan tegang

Larangan Buat Timnas U-17 Selama Piala Dunia, dari Medsos Hingga GameTimnas U-17 berlatih di Surabaya. (dok. PSSI)

Laga pembuka melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023), menjadi momen yang cukup menegangkan buat Timnas U-17. Zainudin berharap agar para pemain bisa tampil lepas dan tak tegang. Dia meminta seluruh pemain Timnas U-17 untuk tak memikirkan hasil, tapi lebih fokus pada bagaimana caranya mengeluarkan kemampuan terbaik.

"Main lepas saja, jangan tegang. Itu pesan kami kepada mereka. Sudah ada dua psikolog juga yang mendampingi," kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Baca Juga: Jelang Duel Timnas U-17 vs Ekuador, Figo: Kami yang Punya Indonesia

3. Timnas U-17 potensi lolos fase gugur

Larangan Buat Timnas U-17 Selama Piala Dunia, dari Medsos Hingga GameTimnas U-17 jalani latihan persiapan melawan Korea Selatan (pssi.org)

Timnas U-17 diprediksi bisa melaju hingga babak 16 besar. Prediksi itu diungkapkan mantan kapten Timnas Indonesia, Ferril Raymond Hattu, mengingat format yang diberlakukan sepanjang Piala Dunia U-17.

Dengan adanya empat slot dari peringkat tiga terbaik, Garuda Muda bisa saja menembus fase gugur.

"Ada tiga laga, asalkan gak kalah, pasti masih bisa lolos. Ke babak 16 besar itu target paling masuk akal," ujar Ferril saat ditemui usai turnamen Nendia Media Cup di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Kamis (9/11/2023).

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya