Sejarah, Premier League Dipimpin Wasit Perempuan

Welch kali ini jadi wasit utama

Jakarta, IDN Times - Sejarah tercipta di pekan 18 Premier League, Sabtu (23/12/2023). Untuk pertama kalinya, wasit perempuan memimpin laga Premier League yang diselenggarakan di Craven Cottage, kala tuan rumah, Fulham, dipermalukan Burnley dengan skor 0-2.

Adalah Rebecca Welch, wasit perempuan pertama yang memimpin laga di Premier League. Welch tak menjadi asisten seperti yang sudah dilakukan wasit perempuan lain sebelumnya. Tapi, dia langsung menjadi wasit utama.

Baca Juga: MU Jadi Saksi Sejarah Premier League Punya Wasit Perempuan Pertama

1. Premier League buktikan diri jadi kompetisi inklusif

Catatan itu membuktikan bagaimana Premier League membangun citranya sebagai kompetisi yang mengusung kesetaraan gender. Hadirnya Welch, juga diapresiasi oleh manajer Burnley, Vincent Kompany.

"Saya mau memberikan selamat kepadanya, karena ini memang momen besar. Rasanya adil, itu pencapaian besar buatnya dan akan lebih banyak hal yang datang di masa depan," ujar Kompany dilansir NBC Sports.

2. Kepemimpinannya prima

Sejarah, Premier League Dipimpin Wasit PerempuanRebecca Welch akan menjadi ofisial keempat pertama di laga Premier League saat Manchester United bertandang ke Craven Cottage, markas Fulham, Sabtu (4/11/2023) (Daily Mirror)

Kepemimpinan Welch dianggap begitu mumpuni. Buktinya, seisi Craven Cottage sampai memberikan tepuk tangan atas performa Welch.

Kompany setuju dengan penghargaan dari fans kepada Welch. Bek legendaris Manchester City itu berharap ada wasit perempuan lainnya yang muncul di Premier League.

"Hal terbaik adalah ketika seseorang dinilai dari prestasinya. Tapi, selalu ada yang pertama dan dia sudah melakukannya dengan baik. Saya senang bisa menjadi bagian dari sejarah ini," ujar Kompany.

3. Sudah sempat bekerja pula di Craven Cottage

Debut Welch sebenarnya sudah tercipta di Craven Cottage pula pada 4 November 2023 lalu. Tapi, saat itu Welch baru bertindak sebagai ofisial keempat, menemani John Brooks, Lee Betts, dan Matthew Wilkes.

Baru di laga Fulham kontra Burnley, Welch memimpin pertandingan sebagai wasit utama dan itu menjadi pencapaian terbaiknya saat ini.

Baca Juga: Van Dijk Terancam Sanksi Usai Tuding Wasit Mabuk

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya