MU Jadi Saksi Sejarah Premier League Punya Wasit Perempuan Pertama

Welch akan bertindak jadi ofisial keempat

Jakarta, IDN Times - Manchester United akan menjadi saksi dari sejarah yang tercipta di Premier League pada Sabtu (4/11/2023). Saat bertandang ke Craven Cottage, markas Fulham, laga MU akan ditemani oleh wasit wanita pertama di Premier League.

Adalah Rebecca Welch yang akan memimpin duel Fulham versus MU. Perempuan 39 tahun tersebut, dilansir Daily Mirror, bakal menjadi ofisial keempat secara penuh di laga tersebut, menemani John Brooks (wasit), Lee Betts, dan Matthew Wilkes (asisten).

Baca Juga: Konyol, Mourinho Diusir Wasit Usai Ejek Pelatih Lawan Cengeng

1. Ranking Welch terus naik

MU Jadi Saksi Sejarah Premier League Punya Wasit Perempuan PertamaRebecca Welch akan menjadi ofisial keempat pertama di laga Premier League saat Manchester United bertandang ke Craven Cottage, markas Fulham, Sabtu (4/11/2023) (Daily Mirror)

Asosisasi Perangkat Pertandingan Inggris, PGMOL, menyatakan kualitas Welch tak kalah dengan wasit pria. Peringkat Welch terus naik setelah menjadi wasit wanita pertama di divisi Championship pada Januari 2023 lalu.

Setelah tampil dengan peran wasit di divisi Championship, Welch terus mendapat kepercayaan untuk memimpin laga yang lebih besar. Bahkan, Welch sempat menjadi bagian dari Piala Dunia Wanita di Australia dan Selandia Baru beberapa waktu lalu

2. Welch beda dari perangkat perempuan lainnya

MU Jadi Saksi Sejarah Premier League Punya Wasit Perempuan PertamaIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Sebenarnya, sudah ada sejumlah perangkat pertandingan perempuan di Premier League seperti Wendy Toms, Natalie Aspinall, dan Sian Massey-Ellis. Namun, peran mereka masih sebatas asisten.

Beda dengan ketiganya, Welch lebih memilih jalur sulit dengan megincar posisi wasit utama langsung dan harus mengawalinya dari ofisial keempat di Premier League.

3. Proyek diversity di lingkungan PGMOL

MU Jadi Saksi Sejarah Premier League Punya Wasit Perempuan Pertamaruangan ofisial VAR (fifa.com)

ESPN melansir, masuknya Welch sebagai ofisial keempat adalah langkah awal dari pelaksanaan proyek diversity di Premier League. Sebelum mempromosikan Welch, Premier League sudah memiliki asisten wasit keturunan Asia Selatan dan Sikh-Punjabi pertama, lewat Bhupinder Singh Gill.

Dengan hadirnya Welch, diharapkan proyek ini berjalan konsisten. Tapi, sebenarnya Welch bukan ofisial keempat perempuan pertama. Sudah ada Massey-Elis yang melakukannya. Hanya saja, status Massey-Elis cuma pengganti kala rekannya cedera di duel West Ham versus Everton, April 2017 silam.

Baca Juga: Profil Simon Hooper, Wasit EPL dengan Segala Kontroversinya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya