Tugas Baru Tim Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade: Cari Posisi Bagus

Sudah lolos, gak bisa santai

Jakarta, IDN Times - Tim bulu tangkis Indonesia memastikan enam tempat di Olimpiade 2024 Paris. Seluruh sektor dipastikan diikuti oleh enam wakil Indonesia setelah lolos dalam kualifikasi selama setahun terakhir.

Paling banyak, Indonesia mengirimkan wakil di sektor tunggal putra dengan dua wakil, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Sementara, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran, masing-masing diisi satu wakil seperti Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

"Alhamdulillah, kami telah mencapai satu tonggak penting dalam perjalanan menuju Olimpiade. Ini adalah buah ketekunan menjalankan proses dari para atlet, pelatih, ofisial, dan tim pendukung. Capaian ini juga merupakan hasil strategi yang jitu dalam menyusun peta jalan atlet dalam mengikuti berbagai turnamen sepanjang tahun ini. Ini adalah hasil kerja kolektif," kata Ketua Tim Ad Hoc Olimpiade PBSI, Fadil Imran, dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

1. Harus cari posisi terbaik

Tugas Baru Tim Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade: Cari Posisi BagusFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Lolos ke Olimpiade 2024 bukan berarti tugas tim bulu tangkis Indonesia selesai. Masih ada yang harus dikejar oleh atlet-atlet nasional jelang Olimpiade 2024, yakni mendapatkan posisi atau seeded bagus.

Itu bisa dikejar di Kejuaraan Asia yang sedang berlangsung, Piala Thomas dan Uber, sampai Indonesia Open 2024 nanti.

"Butuh strategi yang jitu serta kesiapan para atlet. Semoga, kepastian tiket ini memberi semangat baru bagi para atlet dan seluruh tim," ujar Fadil.

Baca Juga: 16 Wakil Indonesia Sudah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris

2. Dibebani tradisi emas

Tugas Baru Tim Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade: Cari Posisi BagusApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

Bulu tangkis menjadi salah satu harapan Indonesia dalam mempertahankan tradisi emas di Olimpiade. Pada edisi Tokyo 2020, bulu tangkis Indonesia kembali melakukannya. Tanpa diduga, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, membawa pulang medali emas dengan disempurnakan perunggu Anthony Sinisuka Ginting.

"Saya mengapresiasi semua pihak terlibat dalam persiapan Olimpiade ini karena telah bergerak dalam satu visi, semangat, memberikan yang terbaik untuk Merah Putih. Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terus memberikan doa, dukungan, kritik, dan saran kepada kami," kata Fadil.

3. Sudah ada 16 wakil Indonesia yang lolos ke Olimpiade

Tugas Baru Tim Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade: Cari Posisi BagusRizki Juniansyah, atlet angkat besi Indonesia yang berhasil lolos ke Olimpiade 2024 (instagram.com/rjuniansyah_)

Ada 16 wakil Indonesia di Olimpiade 2024 nanti. Selain enam wakil bulu tangkis, 10 lainnya berasal dari cabang olahraga berbeda.

Panjat tebing menjadi yang paling dinantikan kontribusinya. Sebab, mereka memiliki peluang besar untuk mendulang emas pula dari nomor speed baik putra maupun putri.

Baca Juga: Nurul Akmal Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya