Investor AS Salip Ratcliffe Borong Saham Manchester United

Apakah manuvernya berdampak ke rencana Ratclife?

Jakarta, IDN Times - Penguasaha asal Amerika Serikat, Leon Cooperman, dilaporkan telah menjadi pemegang saham minoritas di Manchester United, Selasa (14/11/2023). Cooperman mencuri start Sir Jim Ratcliffe yang ingin mengambil alih 25 persen saham Setan Merah.

Bloomberg melaporkan, Cooperman menggelontorkan 13,4 juta poundsterling, atau senilai Rp258 miliar untuk membeli sebagian kecil saham MU. Hanya saja, jumlah tersebut jauh lebih rendah dari rencana pembelian Ratcliffe.

1. Borong saham MU, siapa Cooperman?

Investor AS Salip Ratcliffe Borong Saham Manchester UnitedSelebrasi Harry Maguire usai membobol gawang Copenhagen, Rabu (25/10/2023). (UEFA.com).

Cooperman memang bukan orang sembarangan. Forbes melansir, pria 80 tahun itu merupakan Chairman dan CEO dari Omega Advisors, sebuah firma penasehat investasi yang tengah mengelola lebih dari 3,3 miliar dolar AS, atau senilai Rp51,1 triliun.

Upaya Cooperman berhasil mendongkrak harga saham MU menjadi 18,34 dolar (Rp284 ribu) per lembar pada Selasa (14/11/2023) waktu setempat. Harganya naik sekitar 2,24 persen dan tercatat sebagai yang tertinggi sejak 3 November 2023 lalu.

Baca Juga: 2 Pemain yang Jadi Incaran Ratcliffe Usai Akuisisi Saham MU

2. Bakal ganggu upaya Ratcliffe?

Investor AS Salip Ratcliffe Borong Saham Manchester UnitedSir Jim Ratcliffe (ogcnice.com)

Karena nominalnya yang lebih kecil, pembelian Cooperman tidak akan berpengaruh dengan upaya Ratcliffe. Bayangkan saja, Keluarga Glazer bakal kecipratan 1,3 miliar poundsterling, atau setara Rp25 triliun setelah Ratcliffe dan grup INEOS miliknya mengambil alih 25 persen saham Setan Merah.

Kabarnya, Ratcliffe akan menyelesaikan pembelian itu dalam waktu dekat. Proses pembelian ini sempat tertunda, yang disebabkan ulah Keluarga Glazer yang mencoba untuk mengubah kesepakatan.

3. Pengaruh Glazer di MU masih kuat

Investor AS Salip Ratcliffe Borong Saham Manchester Uniteddailymail.co.uk

Nantinya, Ratcliffe tetap akan melibatkan Keluarga Glazer di jajaran komite MU setelah mengakuisisi 25 persen saham. Keluarga Glazer tetap memiliki pengaruh dalam setiap pengambilan keputusan.

Itu karena Joel Glazer bersikeras mempertahankan pengaruhnya dalam pengambilan keputusan terkait sepak bola. Hal tersebut membuat Ratcliffe membiarkan pria 56 tahun itu untuk menetap di kursi komite.

Baca Juga: Taktik Ten Hag Makin Diragukan di Manchester United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya